Mitsubishi Kenalkan Anak-anak Dunia Otomotif
Reporter: Tempo.co
Editor: wawan priyanto
Rabu, 15 Februari 2017 20:09 WIB
Suasana balapan di Mitsubishi Motors Race Track di KidZania, 12 Februari 2017. Foto: KTB

TEMPO.CO, Jakarta - Januari lalu, Teddy Fauzan tepat menginjak usia 7 tahun. Memang masih kanak-kanak, tapi Teddy sudah dipanggil dengan sebutan bapak. Sama halnya dengan sang kakak, Namira Berlian, yang Maret nanti baru menginjak usia 11 tahun, juga dipanggil dengan sebutan Ibu.

Nah, sebutan bapak dan ibu untuk dua kakak beradik ini tentu bukan di dalam kehidupan sehari-hari. Melainkan hanya di KidZania, sebuah pusat hiburan keluarga yang memungkinkan anak-anak melakukan pekerjaan orang dewasa dan mendapatkan bayaran.

Seperti yang dilakukan Teddy dan Namira. Teddy bekerja sebagai penjual atau sales mobil Mitsubishi di Mitsubishi Motors Car Dealer. Sedangkan Namira berperan menjadi pembeli. Layaknya sales betulan, Teddy menjelaskan tentang keunggulan mobil Mitsubishi Outlander yang ada dipajang di showroom. Anak-anak belajar menjadi petugas sales mobil Mitsubishi. Tempo/Wawan Priyanto.

“Begini Bu Namira, Outlander ini mobil yang dapat digunakan untuk berkendara di segala medan. Bentuknya bagus, pokoknya keren deh,” begitu kata Teddy menawarkan dagangannya sambil sesekali melirik ke arah instruktur KidZania yang diperankan lelaki dewasa betulan.

Singkat cerita, Namira tertarik untuk membelinya. Keduanya lalu berjabat tangan tanda terjadi kesepakatan. Untuk pekerjaan sebagai sales ini, Teddy menerima upah atau gaji sebesar 10 KidZos (mata uang di KidZania). Uang ini dikumpulkan, dan jika sudah terkumpul banyak (minimal 50 KidZos) dapat ditabung di bank dan mendapatkan kartu ATM.

Uang itu dapat digunakan untuk mengikuti sejumlah kegiatan lain yang ada di KidZania seperti praktik memasak Pizza, balapan, membuat SIM A dan SIM C, memanjat dinding, dan sebagainya. Jika uang habis, anak-anak dapat bekerja sebagai wartawan, petugas pemadang kebakaran, dokter, polisi, dan sebagainya untuk mendapatkan upah. Seorang anak mengamati display mesin mobil Mitsubishi. Tempo/Wawan Priyanto.

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan Mitsubishi Motors di Indonesia, telah menjalin kerja sama dengan KidZania sejak April tahun lalu. Head of MMC Public Relations Departement KTB, Intan Vidiasari, mengatakan hadirnya outlet Mitsubishi di KidZania ditujukan untuk memperkenalkan dunia otomotif kepada anak-anak sejak usia dini.

“Anak-anak dapat belajar tentang dunia otomotif itu seperti apa. Intinya bisa mengenal mobil secara langsung, termasuk kinerja mesin Mitsubishi melalui mesin display,” ujarnya.

Menurut Intan, KTB sudah menjalin kerja sama dengan KidZania sejak April 2016. KTB memasang empat outlet Mitsubishi Motors yakni Mitsubishi Motors Training Center, Mitsubishi Motors Car Dealer, Mitsubishi Motor Race Track, dan Mitsubishi Motor Test Drive.

Di dalam Mitsubishi Motors Training Center, terdapat 3 kegiatan yang dapat diikuti anak-anak. Pertama Safety Driving School. Anak-anak dapat belajar berkendara dengan aman menggunakan Driving Simulator sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan SIM, yang dapat digunakan untuk berkendara di Mitsubishi Race Track. Kedua, Mechanic Corner. Anak-anak akan belajar menjadi mekanik Mitsubishi dengan melakukan tes gas emisi dan juga wheel balancing. Ketiga, Driving License Office. Anak-anak akan mendapatkan SIM setelah memenuhi semua persyaratannya.Balapan di Race Track menjadi salah satu permainan favorit. Tempo/Wawan Priyanto.

Di dalam Mitsubishi Motors Car Dealer, anak-anak dapat melatih kemampuan berkomunikasi dengan bermain peran sebagai wiraniaga dan customer. Saat menjadi wiraniaga, anak akan menawarkan serta memberikan informasi tentang produk Mitsubishi Outlander Sport. Terdapat juga mesin yang dipajang untuk memperkenalkan cara kerja mesin kendaraan kepada anak-anak.

Setelah mengantongi SIM A di Mitsubishi Motors Training Center, anak-anak dapat mencoba kemampuan balap di Mitsubishi Motors Race Track. Terdapat empat mobil balap di permainan ini yakni Mitsubishi Pajero Sport, Delica, Outlander Sport, Mirage, dan Triton.

Sedangkan Mitsubishi Motors Test Drive ditujukan bagi anak-anak yang telah mendapatkan SIM namun tinggi badannya masih di bawah batas minimum untuk balapan di Race Track.

WAWAN PRIYANTO

#Penjualan Mobil
#Mitsubishi

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi