Begini Strategi Proton Pasarkan Model Baru di Indonesia
Reporter: Tempo.co
Editor: wawan priyanto
Minggu, 19 Februari 2017 10:30 WIB
Pengunjung mengamati mobil Proton Suprima S yang resmi diluncurkan untuk pasar Makassar di Dealer Resmi Proton Makassar di Jalan Perintis Kemerdekaan, Rabu (20/11). TEMPO/Hariandi Hafid

TEMPO.CO, Jakarta - Hampir 4 tahun terakhir Poton tanpa model baru di Indonesia. Tapi tahun ini, PT Proton Edar Indonesia (PEI), distributor resmi Proton di Idonesia, mulai memasarkan Proton Iriz. Mobil ini diluncurkan secara resmi pada Sabtu, 18 Februari 2017, di FX Mal Sudirman, Jakarta Selatan.

Sebanyak 2 tipe ditawarkan untuk konsumen di Indonesia yakni 1.3L MT Standard and 1.3L CVT Standard dengan harga Rp 175,25 juta dan Rp 185,283 juta (on the road Jakarta). Iriz tersedia dalam 7 warna pilihan yakni Solid white, Midnight Black, Sterling Silver, Atlantic Blue, Graphite Grey, Citrus Green and Fire red.

Iriz merupakan mobil yang diposisikan pada segmen mobil compact hatchback, segmen yang cukup ramai diisi produk-produk dari pabrikan Jepang. Iriz akan berhadapan dengan rival berat seperti Honda Brio, Nissan March, Toyota Etios, Mitsubishi Mirage, hingga Daihatsu Sirion. Sirion yang di Malaysia dikenal nama Perodua bahkan menjadi salah satu mobil terlaris di negara itu.

Baca:Proton Iriz Masuk Indonesia, Ini HarganyaPunya Motor Sport Baru, Ini Target Suzuki

Chief Executive Officer (CEO) Proton Holding Berhad Dato' Ahmad Fuaad Kenali mengatakan Indonesia merupakan pasar yang sangat penting untuk Proton. "Tidak hanya untuk menjaga hubungan G2G sebagai negara sama-sama pendiri negara ASEAN, tetapi juga mempunyai banyak kesamaan dalam hal rakyat, bahasa, dan juga iklimnya. "Hampir semua sama,” kata Fuaad di sela-sela peluncuran Iriz di FX Mal Sudirman, Jakarta, Selatan, Sabtu, 18 Februari 2017.

Menurut dia, PEI dalam pasarnya di Indonesia didukung oleh total 25 outlet sales dan aftersales. Fuaad mengklaim konsumen akan menjadi sangat dekat dengan Proton Iriz, dalam hal aftersales service. Proton mempunyai 24 service outlets di area yang strategis di Jawa, Kalimantan, Sumatera dan Sulawesi dengan 8 di antaranya adalah di area Jabodetabek. "Semua perawatan akan dipenuhi oleh services centre,” ujarnya.

Simak:Andrea Iannone Jatuh Cinta dengan Suzuki GSX-R150Begini Rasanya Naik Mitsubishi XM Concept

Sejak debutnya pertama kali, Proton Iriz telah menerima cukup banyak penghargaan dan pengakuan dari industri otomotif di Malaysia. Termasuk pengakuan 5-Star rating dari ASEAN New Car Assessment Programme ("ASEAN NCAP"). Iriz juga dinobatkan sebagai Most Affordable 5-Star ASEAN NCAP Car di Malaysia pada ASEAN NCAP Grand Prix Award 2016; the Budget Car Of The Year pada ASEAN Car of The Year Awards 2016; the Best Industrial Design 2015 oleh Intellectual Property Corporation; Malaysia Good Design Mark Award 2014 oleh Malaysia Design Council; dan the People's Choice Award pada New Straits Times' Car of the Year 2014.

Di Indonesia, Proton hadir sejak tahun 2007. Beberapa model telah berseliweran di jalanan di Indonesia seperti Proton Savvy, Gen 2, Gen 2 Persona, Waja, Wira, Neo, Saga, Exora, Persona Elegance, Neo CPS, Saga FL, Exora Star, Exora Star Executive, Exora Star FL dan Exora Star FLX, Preve, dan Suprima. 

WAWAN PRIYANTO

#Penjualan Mobil
#Proton

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi