10 Perbedaan Mitsubishi XM Concept dengan Versi Final  
Reporter: Tempo.co
Editor: wawan priyanto
Senin, 20 Februari 2017 12:15 WIB
Mitsubishi XM Concept di GIIAS 2016. TEMPO/PRAGA UTAMA

TEMPO.CO, Jakarta - Mobil low multi purpose vehicle (Low MPV) terbaru Mitsubishi yang akan segera meluncur memiliki sejumlah perbedaan dengan versi konsep yang diberi nama XM Concept Crossover MPV.

Perbedaan tersebut meliputi baik eksterior maupun interiornya. “Kira-kira seperti ini tapi tidak persis karena masih konsep,” kata Intan Vidiasari, Head of Public Relations Mitsubishi Motors Corporation (MMC) -- PT Kramayudha Tiga Berlian Motors (KTB), sambil menunjuk gambar XM Concept pada Kamis, 16 Februari 2017, di Trans Studio Mall (TSM), Bandung.

Intan tak mau menjelaskan lebih lanjut seperti apa versi final mobil perpaduan Sport Utility Vehicle (SUV) dan MPV berkapasitas mesin 1.500 cc itu. Untunglah, Head of Sales and Marketing MMC-KTB Imam Choeru Cahya mau buka rahasia.

Baca:Wow, Beli Suzuki Ertiga Gratis GSX-R150Setelah GSX-R150, Suzuki Akan Luncurkan 6 Jagoan Baru

Menurut Imam, dari segi eksterior XM Concept sudah mewakili 75 persen versi final. Sedangkan interior, terutama ruang kemudi, lebih besar perubahannya pada versi akhir nanti.

“Kalau interiornya futuristik begitu, ya harganya bisa Rp 300 juta lebih,” ucap Imam sambil tertawa di arena XM Concept Special Exhibition di TSM, Bandung. Padahal, harga Low MPV ada di level Rp 200 jutaan.

Interior XM Concept akan mengalami perubahan besar di versi asli. Tempo/Jobpie S

XM Concept Crossover MPV dipersiapkan untuk menggasak pesaing-pesaingnya dari pabrikan yang lebih dulu bermain di pasar tambun Low MPV. Sebut saja pesaing berat Low MPV Mitsubishi adalah Suzuki Ertiga, Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan Nissan Grand Livina, New Honda Mobilio, serta Honda BRV. “Kami memiliki deferensiasi yang menonjol dibandingkan kompetitor,” kata Imam.

Simak:Begini Rasanya Naik Mitsubishi XM ConceptKemenhub Akhirnya Izinkan LCGC untuk Transportasi Online  

Tentunya pasar sudah menunggu seperti tampilan dan performa versi final Low MPV buatan Mitsubishi, yang sudah diperkenalkan sejak medio Agustus 2016 pada World Premiere di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Jakarta.

Tahun ini, roadshow perdana XM Concept digelar di Semarang, akhir Januari lalu. Sedangkan yang kedua, pada 16-19 Februari 2017, di TSM, Bandung. Agustus nanti di forum GIIAS 2017 mobil tersebut mulai dipasarkan dan sudah melju di jalanan dua bulan kemudian atau Oktober 2017.

Exterior XM Concept sudah mendekati 75 persen dari versi produksi. Tempo/Jobpie S.

Simak sepuluh perbedaan mencolok XM Concept dengan versi yang akan dipasarkan.

1. Full Sun roof pada atap nantinya ditiadakan untuk menyesuaikan dengan kondisi alam tropis serta kebutuhan keluarga Indonesia.

2. Fasilitas dan desain di ruang kemudi yang futuristik akan diubah sesuai kebutuhan kekinian. Desain futuristik dinilai tak pas dengan harga Rp 200-an untuk Low MPV.

3. Fasilitas di kabin penumpang terlihat sporty pada versi XM Concept. Untuk versi produksi bakal dilengkapi banyak kompartemen untuk meletakkan barang-barang keluarga.

4. Jarak jok tengah dengan belakang sangat sempit, sekitar 20 centimeter. Namun, untuk versi final nanti lebih longgar agar nyaman bagi penumpang di kursi belakang.

5. Spion kecil semacam garis yang futuristik akan disesuaikan dengan kebutuhan desain eksterior secara keseluruhan dan keamanan.

6. Garis lampu di kap mesin akan dimunculkan sebagai desain untuk unit opsional.

7. Menggunakan mesin baru, yang belum dipakai oleh tipe lain.

8. Desain eksterior sporty dan mewah, bahkan lebih keren ketimbang SUV Mitsubisi Outlander. Desain eksterior dipakai 75 persen pada versi produksi.

9. Lingkar velg ring 18 dengan ban ketebalan 55 mm dan tapak 225 mm. Untuk bersi final nanti menggunakan ring 16.

10. Ground clearance berubah pula dari versi XM Concept, tapi tetap pada ukuran SUV.

JOBPIE SUGIHARTO

#Penjualan Mobil
#Mitsubishi

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi