Diluncurkan, Ini ketangguhan Chevrolet Trailblazer
Reporter: Tempo.co
Editor: Ali Akhmad Noor Hidayat tnr
Kamis, 23 Februari 2017 08:00 WIB
All-New Chevrolet Trailblazer (Dok. Chevrolet)

TEMPO.CO, Sentul -  Chevrolet All New Trailblazer yang diluncurkan hari ini, Kamis, 23 Februari 2017, memiliki tiga fitur andalan terbaru guna bersaing di segmen SUV (Sport Utulity Vehicle) berkapasitas tujuh penumpang di kelas 2.500cc.

Tiga fitur tersebut adalah Remote Start, Remote AC dan mesin berspesifikasi bahan bakar B20 atau Biodiesel 20 persen. All New Trailblazer disiapkan menandingi lawan di kelas SUV peremium semacam Isuzu MU-X, Toyota All new Fortuner, dan Mitsubishi All New pajero Sport. 

Baca : Begini Rasanya Naik Mitsubishi XM Concept

Product Planning and Program Manager General Motors Indonesia Rowan Suhendy menjelaskan, Remote Start dan Remote AC dipasang di Trailblazer agar pengemudi bisa langsung menikmati sejuknya suasana di dalam kabin.

"Biasanya  saat parkir harus menunggu beberapa waktu agar AC-nya dingin," kata Rowan pada Rabu, 22 Februari 2017, di Sentul, Jawa Barat. "Kami tidak tanggung-tanggung menyematkan fitur. Kami punya remote Start dan AC di suhu 25 derajat selsius serta B20 yang sesuai dengan bahan bakar solar di Indonesia."

Rowan menerangkan, All New Trailblazer menggunakan mesin 2.5L Duramax diesel dengan Variable Geometry Turbicharger (VGT) yang diciptakan untuk performa yang lebih bagus namun tetap hemat bahan bakar. Mesin tersebut menghasilkan tenaga sebesar 132kW (180 Ps) dengan torsi 440 Nm yang diklaim terbesar di kelasnya.

Baca : Kongkalikong Harga Skutik, Yamaha dan Honda Dihukum

Saat dipacu di kawasan perbukitan Sentul, torsi besar terasa keluar dari All New Trailblazer sehingga mobil tujuh penumpang itu tanpa kendala melibas jalanan kendati di medan yang menanjak sekira 30 derajat.

Kendati memiliki torsi yang besar, namun kebisingan tidak terlalu terasa di dalam kabin berkat teknologi torque converter CPA (centrifugal pendulum absorber) yang bertugas mengurangi getaran dan kebisingan di dalam mobil.

Suspensinya juga cukup stabil saat melibas jalanan tanah yang bergelombang di turunan bukit dengan kecepatan di atas 40 kilometer per jam. Kendati demikian, body roll (limbung) cukup terasa saat kendaraan ini berbelok tajam atau melintasi jalanan zigzag.

Electric Power Steering (EPS) membuat pengemudi lebih mudah melintasi jalanan bergelombang dengan kecepatan rendah atau parkir karena setir menjadi ringan. Saat kendaraan melaju kencang, EPS mengubah bobot putaran setir menjadi lebih keras untuk menjaga kestabilan.

Baca : Resmi Diluncurkan, Ini yang Baru dari Yamaha Fino Grande

Sejumlah fitur seperti side blind zone alert, lane departure warning, dan forward collision warning semakin menambah kenyamanan dan keamanan berkendara karena memberikan peringatan saat muncul kendaraan lain di zona tak terlihat, saat tidak sengaja berpindah jalur, serta jika terlalu dekat dengan mobil di depan.

Setelah mencoba seluruh fitur di kawasan perbukitan Sentul, rombongan pewarta kemudian mencoba All New Trailblazer berkeliling lintasan Sirkuit Sentul guna merasakan kestabilan berkendara di jalanan aspal.

Layaknya sebuah SUV yang menonjolkan ketangguhan, All New Trailblazer juga menawarkan model yang kuat yang terlihat dari garis-garis tegas yang mengalir dari depan ke belakang. Logo Chevrolet di bagian depan memisahkan dua grille di bawah kap mesin dengan kedua sudut yang berpusat di lampu utama.

Bumper depan berukuran besar juga semakin menambah kesan kokoh ditambah fog lamp dan daytime running light (DRL) yang menambah kesan mewah sekaligus menambah keamanan.

Di bagian dalam, All New Trailblazer menawarkan dashboard dengan desain baru yang lebih modern dilengkapi sejumlah pengaturan fitur dan hiburan di bagian tengah. Tuas perseling dibalut warna hitam mengkilap yang memberikan kesan mewah namun praktis.

Mobil ini menggunakan theatre style seating di tiga baris bangku penumpang agar memberikan penglihatan yang lapang ke arah depan saat menikmati perjalanan. Selain posisi duduk yang bisa diatur, kursi pengemudi hingga ke bangku penumpang juga cukup lapang.

Presiden Direktur General Motors Indonesia, Gaurav Gupta, mengatakan SUV All New Chevrolet Trailblazer terbaru didesain untuk memberikan keseimbangan. Pesaing Toyota All New Fortuner dan Mitsubishi All New Pajero Sport ini juga diyakini tangguh dalam petualangan di medan yang tidak mulus.

"Kami mendesain Trailblazer baru untuk memenuhi gaya hidup konsumen," kata Gaurav Gupta di Sentul, di sela-sela test drive Trailblazer, Rabu 22 Februari 2017. Desain Chevrolet menghadirkan SUV premium Trailblazer menghadirkan perubahan besar dalam kenyamanan pengemudi dan pemilihan materi.

ANTARA

#Penjualan Mobil
#Chevrolet

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi