Lebih Dekat dengan Porsche 718 Cayman
Reporter: Tempo.co
Editor: wawan priyanto
Senin, 27 Februari 2017 19:00 WIB
Porsche New 718 Cayman diluncurkan di The Pallas, Jakarta, 27 Februari 2017. Porsche 718 Cayman adalah sebuah model entry level dengan mesin 1.998 cc dan empat silinder yang hadir dengan turbo Variable Geometry Tubrine (VGT). Tempo/Wawan Priyanto.
Iklan
Iklan

TEMPO.CO, Jakarta - PT Eurokars Artha Utama (Eurokars), importir resmi dan distributor untuk Porsche di Indonesia meluncurkan 718 Cayman di The Pallas, Jakarta Selatan, Senin, 27 Februari 2017. Di waktu yang sama, Porsche Indonesia juga meluncurkan Panamera 4S. 718 merupakan mobil sport bermesin mid-engine. Mobil ini diklaim sebagai mobil sport berperforma tinggi namun nyaman untuk digunakan sehari-hari.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Baca juga:Begi Tampilan Porsche Cayman dan Panamera TerbaruBentayga SUV Super Mewah dari Bentley

Managing Director Porsche Indonesia Christoph Choi mengatakan 718 Cayman terbaru menunjukkan nilai inti Porsche, tradisi dan inovasi, performa dan penggunaan sehari-hari. “Dengan ukuran mesin yang lebih kecil, model ini sangat cocok untuk struktur pajak di Indonesia. Kami menjamin setiap pelanggan mendapatkan sesuatu yang besar dari yang kecil,” kata Choi di sela-sela peluncuran 718 Cayman dan Panamera di The Pallas, Jakarta Selatan, 27 Februari 2017. Interior yang sporty dan modern pada 718 Cayman. TEMPO/Wawan Priyanto.

Eurokars mendatangkan dua varian sekaligus yakni 718 Cayman dan 718 Cayman S. Kedua varian ini menggendong mesin 4 silinder dengan turbocharging yang sama digunakan pada Porsche 718 Boxster. Varian 718 Cayman dibekali mesin 2.0 liter 4 silinder bertenaga 300hp pada 1.950 rpm dan torsi puncak 380 Nm pada 4.500 rpm.

Sedangkan 718 Cayman S menggendong mesin 2.5 liter turbocharger dengan variable turbine geometry (VTG), sebuah teknologi yang sampai sekarang digunakan secara eksklusif pada Porsche 911 Turbo. Mesin Cayman S mampu mengeluarkan tenaga maksimal sebesar 350hp pada 1.900 rpm dan torsi puncak sebear 420 Nm pada 4.500 rpm. Porsche mengklaim, ini merupakan torsi yang jauh lebih baik dari semua rentang kecepatan mesin. Velg dan ban berukuran besar pada Porsche 718 Cayman. TEMPO/Wawan Priyanto. 718 Cayman dengan PDK dan opsi Sport Chrono Package mampu melaju kencang dari 0-100 kilometer per jam dalam 4,7 detik. 718 Cayman S lebih cepat lagi, hanya 4,2 detik saja. Top speed 718 Cayman adalah 275 kilometer per jam, dan 718 Cayman S dapat mencapai kecepatan 285 kilometer per jam.

Porsche mengklaim, 718 Cayman memiliki design dengan aerodinamika yang tinggi. Marketing Director of Porsche Asia Pacific Carl Isenbeck mengatakan generasi baru 718 Cayman ini lahir dari sejarah Porsche mid engine yang tampil memenangi balapan di era 1950-1960an. “Lahir dari legenda juara di balap Targa Florio dan Le Mans,” katanya.

Menurut Isenback, 718 Cayman telah mengalami sejumlah perbaikan. Terutama pada chassis dan kaki-kaki yang dibuat lebih kokoh sehingga menghasilkan kestabilan tinggi. Per dan stabilisator telah di-desain lebih kencang dan tuning shock absorbers telah diperbaiki. Peluncuran Porsche 718 Cayman dan Panamera 4S. TEMPO/Wawan Priyanto.

Opsi seperti Sport Chrono Package dan Porsche Torque Vectoring (PTV) menampilkan karakter yang lebih sporty dan sesuai dari 718 Cayman. Opsi yang tersedia lainnya adalah PASM dengan menurunkan ground clearance menjadi 10milimeter (718 Cayman). Pada model model S, suspensi sport PASM dapat diturunkan hingga 20 milimeter.

Seperti di mobil sport Porsche lainnya, Sport Chrono Package dapat diatur dari tombol program di lingkar kemudi. Untuk sensasi berkendara, pengemudi dapat memilih tipe mengemudi dengan cara memutar sebuah tombol pengaturan “Normal”, “Sport”, dan “Sport Plus” dalam pilihan “Individual”.

Di sisi keselamatan, tenaga liar dari mesin mobil ini dilengkapi dengan sistem pengereman yang lebih kuat. Pada bagian depan, menggunakan disc brake berdiameter 330 milimeter dan 299 milimeter pada bagian belakang. 718 Cayman sekarang memiliki sistem pengereman yang sebelumnya hanya ada di Cayman S. Di samping itu, 718 Cayman S, menggunakan empat piston kaliper, yang juga digunakan pada Porsche 911 Carrera, digabungkan dengan disck brake yang lebih tebal 6 milimeter.

Di sisi eksterior, desain 718 Cayman diklaim memiliki aerodinamika yang baik. Bagian muka lebih ramping, air intakes lebih menonjol di depan dan samping, juga sisi samping bagian bawah membuat dorongan lebih dinamis. Lampu depan ultra-slim di atas air intakes.

Pembulatan ujung depan 718 Cayman, secara signifikan menambah lebar pendingin air intakes dan lampu bi-xenon dalam desain baru dengan integrasi LED lampu daytime. Lampu LED 4 titik daytime tersedia sebagai opsi baru. Dilihat dari samping, sport coupe baru memperlihatkan wing dan sisi pintu dengan desain agak menonjol.WAWAN PRIYANTO

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi