Suzuki Ignis Segera Meluncur, Siap Gusur Brio dan March
Reporter: Tempo.co
Editor: wawan priyanto
Rabu, 8 Maret 2017 18:00 WIB
Suzuki Ignis. TEMPO/Wawan Priyanto

TEMPO.CO, Jakarta - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) akan meluncurkan Suzuki Ignis dalam waktu dekat ini. Diperkirakan, peluncurkan mobil yang didatangkan langsung dari India ini akan dilakukan pada pertengahan April 2017.

Secara dimensi, mobil ini masuk ke dalam segmen city car yang cukup gemuk, bertarung dengan Honda Brio, Nissan March, Mitsubishi Mirage, Daihatsu Sirion, dan Toyota Etios Valco. Model-model ini dipasarkan di bawah Rp 200 juta.

Baca: Suzuki Ignis Masuk Indonesia, Ini JadwalnyaEkspor Toyota Naik 76 Persen, Fortuner Jadi Unggulan

Dari sisi harga, mobil ini diperkirakan akan memiliki harga yang cukup kompetitif. Di bawah Rp 200 juta, dan berada di range harga Rp 130 juta-Rp 160 juta. Jika melihat harga yang ditawarkan, bukan tidak mungkin keberadaan Ignis berpotensi mengganggu pasar kendaraan Low Cost Green Car.

Lingkar kemudi dilengkapi fitur audio dan koneksi bluetooth. TEMPO/Wawan Priyanto.

Tampilan Ignis mengingatkan pecinta otomotif akan mobil mungil yang sempat populer di tahun 90an yakni Fiat Uno. Hanya saja, Suzuki mengklaim Ignis dibangun dari gabungan legenda-legenda mobil Suzuki seperti Suzuki Fronte Coupe, Suzuki Cervo, Suzuki Swift, hingga Vitara.

Desain Ignis merupakan gabungan dari beberapa model legendaris Suzuki. Pilar C mengambil desain Suzuki Fronte Coupe (1971) yang dikenal sebagai mobil sport pertama yang dijual di Jepang seperti dikutip dari situs globalsuzuki.com.

Simak:Gandeng Organda, Hino Remajakan Truk Angkutan di Pelabuhan PriokBan Impor Harus Diverifikasi, Produsen Ban Lokal Optimistis

Desain lampu utama juga diadopsi dari desain mini sport Suzuki Cervo. Untuk pilar A dan B berwarna hitam, Ignis mencomot milik Suzuki Swift. Lampu utama juga dilengkapi dengan lampu LED daytime running light. Di bagian depan, tepatnya di kap mesin, sisi kiri dan kanan (di atas fender) jelas milik Suzuki Vitara.

Mobil konsep Ignis pertama kali diperkenalkan di Geneva International Motor Show pada Maret 2015 dengan nama Suzuki iM-4. Versi produksi mulai muncul di gelaran Tokyo Motor Show pada Oktober 2015. Pada 21 Januari 2016, Ignis mulai dipasarkan di Jepang. India merupakan negara kedua yang memasarkan Ignis dengan Maruti Suzuki Ignis—tentu dengan spesifikasi yang disesuaikan dengan pasar India dan menggantikan Maruti Ritz. 

Kabin Suzuki Ignis tampak lapang. TEMPO/Wawan Priyanto.

Versi di India, Ignis dibekali mesin diesel 1,3 liter yang menghasilkan tenaga maksimum 75 bhp dan torsi maksimum 190 Nm. Ignis juga dibekali mesin bensin 1,2 liter K-series yang menghasilkan tenaga 82 bhp dan torsi 113 Nm. Suzuki menawarkan dua pilihan transmisi, yakni manual 5-percepatan dan otomatis 5-percepatan AMT. Dari berbagai informasi yang dihimpun Tempo, Ignis yang masuk ke Indonesia hanya bermesin bensin 1,2 liter.

Di Eropa, Inggris menjadi negara pertama yang merasakan Ignis. Di Negeri Ratu Elizabeth, Ignis dibekali mesin bensin berkapasitas 1,2 liter dan hibrida. Di Inggris, model ini dipasarkan dengan harga mulai Rp 170 jutaan.

Saat peluncuran Suzuki Ertiga pada 7 Februari lalu, Deputy Manager Director SIS Setiawan Surya mengatakan bahwa Suzuki Ignis diharapkan mampu menciptakan pasar baru yakni mini Sport Utility Vehicle (SUV) di Indonesia. “Banyak yang berharap mobil ini (Ignis) segera dipasarkan,” ujarnya ketika itu.

Desain lampu utama Suzuki Ignis. TEMPO/Wawan Priyanto.

Ignis menawarkan interior yang sedikit berbeda dibanding Suzuki kelas entery level pada umumnya. Ignis memiliki interior yang lebih modern dengan penggunaan bahan material berkualitas.

Meski masuk kelas entry level, pada model tertinggi, di sisi kiri lingkar kemudi dibekali dengan tombol pengatur audio, koneksi bluetooth dan perintah suara yang dihubungkan ke smartphone, dan mode mengemudi (pilihan penggunaan transmisi manual atau otomatis/Auto Gear Shift). Lingkar kemudi juga dapat diatur posisi tinggi rendah, disesuaikan dengan posisi duduk ideal pengemudi. Di lingkar kemudi juga disematkan fitur keselamatan ARS airbag.

Jok bagian depan maupun belakang didesain sporty dan nyaman untuk dikendarai. Menariknya, posisi jok pengemudi dapat diatur tinggi rendahnya secara manual. Sebagai mobil city car 5 penumpang, Ignis memiliki ruang kabin yang lapang.

Odometer cluster Suzuki Ignis. TEMPO/Wawan Priyanto.

Juga dilengkapi dengan 7 tempat penyimpan minuman, laci besar di dashboard, ruang serbaguna di pintu depan dan belakang, serta bagasi lapang. Di tengah dashboard, terdapat layar monitor berukuran 7 inci layar sentuh yang diintegrasikan dengan fitur navigasi dan sebagainya.

Sesuai dengan konsep yang dibangun, yakni mobil mini crossover, Ignis memiliki ground clearance yang cukup tinggi. Yakni 185 milimeter, cukup bisa diandalkan untuk berkendara di jalanan bergelombang.

Suzuki Ignis masuk di segmen city car mungil. Segmen ini memiliki pasar yang cukup gemuk, dihuni Honda Brio, Nissan March, Mitsubishi Mirage, Daihatsu Sirion, dan Toyota Etios.

Honda Brio Honda Brio. Dok. Honda.

Honda Brio terkahir kali mengalami penyegaran pada tahun lalu. Mobil city car ini dibekali mesin 1.2 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW. Mesin ini menghasilkan tenaga maksimal 66Kw (90 PS) pada 6.000 rpm dan torsi 110 Nm pada 4.800 rpm. Pada sistem kemudi, digunakan Rack & Pinion with Electric Power Steering (EPS) yang diklaim mampu meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar.

Mobil ini ditawarkan mulai dari Rp 131,5 juta hingga termahal Rp 178 juta. Pada tipe RS, kaki-kaki menggunakan allow wheel 15 inci. Berdasarkan data Gaikindo, mobil ini penjualan rata-rata per bulan mencapai 2.500 – 3.000 unit.

Nissan MarchNissan March. TEMPO/Wawan Priyanto. Nissan Motor Indonesia menyegarkan tampilan pada Nissan March pada 13 Februari 2017. Meski tak banyak perubahan, tapi setidaknya ada 60 perubahan yang dilakukan dan 80 persen di bagian interior (audio). DI eksterior, perubahan mencolok dilakukan pada penggantian fog lamp dengan lampu daytime running light.

Sama seperti pada Suzuki Ignis, March juga dilengkapi LCD layar sentuh berukuran 7 inci. LCD yang terintegrasi dengan head unit ini sudah mendukung mirroring Android dan iOS, Bluetooth streaming music, Bluetooth connection, dan sebagainya. New March ditawarkan dalam dua pilihan mesin yakni 1,2 liter dan 1,5 liter. Mobil ini dijual dengan harga Rp 177,4 juta (1,2 L Mid MT), Rp 187,8 juta (1,2 L Mid AT), Rp 198 juta (1,2 L High AT), dan Rp 205,6 juta (1,5 L MT) serta Rp 216,7 juta (1,5 L AT). Sejak dipasarkan pada 2010, total penjualan Nissan March sudah terjual sebanyak 43 ribu.

Mitsubishi MirageMitsubishi Mirage. Dok Mitsubishi.

New Mitsubishi Mirage diluncurkan pada 26 Juli 2016. Mobil ini pertama kali dilepas ke pasar Indonesia pada 2012. Sejak diluncurkan hingga Juli 2016, populasi Mitsubishi Mirage sudah mencapai 22.721 unit. Mirage dibekali mesin 1,2 liter 12 valve 3 silinder DOHC MIVEC.

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 77,5 PS pada 6.000 rpm dan torsi 100 Nm pada 4.000 rpm. Mobil ini ditawarkan mulai dari Rp 173 juta hingga Rp 197,5 juta. PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) membidik pesain Suzuki Ignis ini bisa mencatatkan penjualan sebanyak 400 unit per bulan atau secara keseluruhan 5.000 unit hingga akhir tahun fiskal 2016 atau Maret 2017.

WAWAN PRIYANTO

#Penjualan Mobil
#Suzuki

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi