3 Produk Chevrolet Rambah Jawa Timur, Pasar Dinilai Masih Terbuka
Reporter: Tempo.co
Editor: Kukuh S Wibowo Surabaya
Kamis, 9 Maret 2017 03:00 WIB
Chevrolet Trailblazer. chevrolet.co.in

TEMPO.CO, Surabaya - Produk terbaru Chevrolet mulai merambah pasar Jawa Timur, khususnya Surabaya. Hal itu ditandai dengan peluncuran tiga produk andalannya, yakni Chevrolet Trailblazer, Chevrolet Trax dan Chevrolet Spark di Hotel Shangri-La, Surabaya, Rabu, 8 Maret 2017. Peluncuran di Surabaya berselang dua pekan dari kegiatan serupa di Jakarta.

Presiden Direktur General Motor Indonesia Gaurav Gupta menuturkan di tengah sengitnya persaingan pasar otomotif tanah air, Jawa Timur dengan jumlah populasi penduduk sekitar 40 juta jiwa dinilai masih menjanjikan ceruk keuntungan bagi Chevrolet.

Menurut dia, pada 2016 terdapat 125 ribu unit produk Chevrolet yang laku di provinsi tersebut. “Jawa Timur, khususnya Surabaya, merupakan pangsa pasar strategis kedua Chevrolet setelah Jabodetabek,” ujar Gaurav.

Baca: Ekspor Toyota Naik 76 Persen, Fortuner Jadi Unggulan

Sales and Network Director Chevrolet Indonesia Donald Rahmad menambahkan, tiga produk baru itu ingin mengulang sukses Chevrolet Captiva yang punya pemasaran lumayan bagus di Jawa Timur. Namun Donald enggan mengungkapkan target penjualan tiga mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) tersebut. “Yang jelas kami ingin melayani konsumen dengan baik, pasar akan datang dengan sendirinya,” ucapnya.

Menurut dia tiga varian baru mobil yang pabrik utamanya berada di Detroit, Amerika itu sengaja didesain agar mampu menghadapi tiga kendala utama jalanan di Indonesia, yakni banjir, berlubang dan macet. Khusus untuk Trailblazer, dengan mesin empat silinder, Donald berujar mampu menerabas kondisi tersebut tanpa hambatan berarti. “Karena pada dasarnya Trailblazer kami desain untuk mobil petualangan berkapasitas tujuh penumpang,” kata dia.

Simak: Ini Mobil Terbaik 2017 Pilihan Pengguna

Adapun Trax dan Spark merupakan mobil perkotaan dengan menyasar pasar eksekutif muda dan mahasiswa. Donald tak memungkiri persaingan mobil SUV di Jawa Timur, khususnya tipe city car, juga kian ketat. “Namun kami optimistis Chevrolet bisa mengambil ceruk pasar,” ujarnya.

Untuk Chevrolet Trailblazer, tipe LT dijual dengan harga Rp 440 juta on the road, adapun tipe LTZ Rp 465 juta. Chevrolet Trax tipe LT Rp 289 juta dan LTZ Rp 315 juta. Sedangkan Chevrolet Spark Rp 205 juta. “Itu untuk harga Surabaya,” katanya.

Lihat: Dibanderol Rp 3,49 Miliar, BMW i8 Laris Manis

Setelah peluncuran di Shagri-La, dilanjutkan dengan tes berkendara ke Pulau Madura dengan melewati Jemabatan Suramadu. Dari tiga jenis mobil itu hanya Trax dan Spark yang diuji. Kegiatan uji berkendara diakhiri di mal Grand City karena di tempat itu sedang ada pameran produk Chevrolet.

KUKUH S. WIBOWO

#Penjualan Mobil
#Chevrolet

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi