Kuasai Pasar Otomotif Sulawesi, Ini Strategi Hadji Kalla
Reporter: Tempo.co
Editor: Ali Akhmad Noor Hidayat tnr
Jumat, 17 Maret 2017 19:20 WIB
REUTERS/Mark Blinch
Iklan
Iklan

TEMPO.CO, MAKASSAR - PT Hadji Kalla, perusahaan milik keluarga Wakil Presiden Jusuf Kalla, mencatatkan penjualan sebanyak 1.937 unit dalam dua bulan pertama tahun ini di tengah melemahnya pasar otomotif di wilayah cakupan perusahaan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Baca : Industri Otomotif Menanti Relaksasi Pajak Mobil

Dengan performa tersebut, dieaer utama kendaraan Toyota untuk Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara tersebut merengkuh penguasaan pasar mencapai 29,5 persen periode Januari-Februari 2017.

Baca : Pameran GIIAS Dapat Apresiasi dari Industri Otomotif Dunia 

Chief Executive Officer Hadji Kalla, Hariyadi Kaimuddin mengemukakan segmen menengah masih menjadi penopang utama penjualan perusahaan. Mengingat pilihan kendaraan Toyota untuk segmen ini lebih variatif disesuaikan dengan kebutuhan maupun tingkat mobilitas.

"Terlepas dari itu, kami juga banyak melakukan promosi secara aktif, serta program trade in yang memungkinkan pelanggan Toyota unit lama mendapatkan unit baru," katanya, Jumat 17 Maret 2017.

Hariyadi menceritakan, pada bulan lalu pasar otomotif di Sulawesi, khusus wilayah penjualan susut hingga 11,1 persen namun penyerapan kendaraan Toyota bertahan pada level yang kuat ditunjukkan dengan penguasaan pasar sebesar 35,8 persen.

Hal tersebut mengindikasikan jika kendaraan Toyota masih menjadi pilihan utama bagi masyarakat yang membutuhkan mobilitas maupun sebagai bentuk kuatnya daya beli terhadap produk otomotif.

Berdasarkan data perusahaan, kendaraan segmen menengah mendominasi realisasi penjualan Hadji Kalla yakni All New Calya 28,7 persen, kemudian Grand New Avanza 24.3 persen serta Agya 14.1 persen. Bahkan, ketiga produk otomotif Toyota itu menjadi market leader pada kelasnya masing, yakni Calya dengan penguasaan pasar 68,9 persen untuk segmen MPV entry, Avanza sebesar 41,6 persen pada segmen MPV low serta Agya dengan penguasaan pasar 38,2 persen di kelas compact entry.

Ketiga jenis produk tersebut sebagian besar terserap pada segmen menengah. "Selain itu, kinerja kumulatif kami juga tidak lepas dari penjualan segmen lain yang juga mencatatkan tren positif. Misalnya saja Innova, dengan varian anyar New Venturer mendapatkan respon antusias dari konsumen sejak diluncurkan," kata Hariyadi.

Hariyadi menuturkan, kehadiran varian terbaru dari Innova diklaim mendongkrak porsi penguasaan pasar hingga mencapai di atas 90 persen pada awal tahun ini.

BISNIS

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi