Datsun Lahap Track Panjang Bulukumba
Reporter: Tempo.co
Editor: Sugiharto
Rabu, 22 Maret 2017 07:00 WIB
Peserta Datsun Raisers Expedition (DRE) 2 melakukan start eksplorasi Makassar dari Kabupaten Takalar menuju Bulukumba, 21 Maret 2017. TEMPO/Jobpie Sugiharto.

TEMPO.CO, Tanjung Bira - Perjalanan panjang dari Kota Makassar menuju Tanjung Bira di Kabupaten Bulukumba mengendarai mobil Datsun GO+ Panca memunculkan pengalaman menarik.

SimakGo! Datsun Raisers Expedition 2 Dimulai

Rute sejauh 200 kilometer itu ditempuh selama sekitar lima jam melewati Kabupaten Gowa, Kabupaten Takalar, Kabupaten Jeneponto, Kabupaten Bantaeng, dan berujung di Kabupaten Bulukumba. Rombongan berangkat dari Hotel Aston, Makassar, tempat rombongan DRE 2 menginap, pukul 08.20 WITA.

BacaKampung Dasar Laut di Ekspedisi Datsun

Sebanyak 14 Datsun low cost green car (LCGC) tipe GO dan GO+ Panca yang ditunggangi 40 peserta dan jurnalis program Datsun Risers Expedition (DRE) 2 tersebut melewati jalur Trans Sulawesi.

Jalanan rusak dan bergelombang cukup menyita waktu ketika rombongan memasuki Kabupaten Takalar. Memasuki Jeneponto, jalanan lebih baik meski banyak lubang. “Tetap dalam barisan dan waspada,” kata Romi, Road Captain DRE 2, lewat radio komunikasi.

Christian Gandawinata. Foto TEMPO/Jobpie Sugiharto

Iring-iringan mulai dimanjakan dengan pemandangan Indah laut dan panorama Gunung Lompobattang di wilayah Jeneponto. Jalananannya pun lebih baik ketimbang Takalar. Memasuki Bantaeng, rombongan berdecak kagum dengan kebersihan dan kerapian kota itu. Seperti tak ada daun kering jatuh di sepanjang jalan. 

SimakDatsun Promosikan Pelukis Langka Makassar

Performa Datsun benar-benar diuji di jalan relatif sempit dan track panjang kadang mendaki. Apalagi menjelang memasuki kawasan Tanjung Bira, sekitar satu jam dari Restoran Sulawesi, Jeneponto, tempat rombongan rehat sembari makan siang. Jalanannya lempang diselingi tanjakan tajam.

Ketangguhan Datsun pada lintasan panjang terasa benar. Transmisi 2 dan 3 begitu panjang. Namun, Tempo merasakan, akselerasi stop and go pada gigi 3 lambat.

Christian Gandawinata, Head of Marketing Datsun PT Nissan Motors Indonesia, punya penjelasan. Tim engineering Datsun sudah mempertimbangkan gear ratio semacam itu. Menurut dia, Datsun didesain untuk perkotaan meski kemudian pengguna memakainya untuk jalur panjang luar kota.

Baca pula:Ini Akibatnya Jika Malas Ganti Oli Mesin Sepeda Motor  Mobil Presiden Jokowi Ternyata Bisa Mogok JugaHonda CMX500 Rebel Resmi Meluncur, Ini Harganya

“Itu sudah dipertimbangkan dan Datsun termasuk terbaik di kelasnya,” ucapnya kepada Tempo di Tanjung Bira, Selasa malam, 21 Maret 2017.

Christian menuturkan, pengguna Datsun bisa turun ke gigi 2 untuk mendongkrak akselerasi jika dirasa kurang pada gigi 3. Tapi, Datsun terbuka untuk berbagai masukan positif untuk memperbaiki kualitas produk. Caranya, bisa dengan program edukasi penggunaan produk oleh Datsun atau dilakukan oleh komunitas Datsun. “Kami selalu mengharapkan masukan dan perbaikan.”

JOBPIE SUGIHARTO (BULUKUMBA)

#Low Cost Green Car | LCGC | Mobil Hijau
#Datsun

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi