Mantan Juara F1 Menaruh Hormat pada Legenda Balap Surtees
Reporter: Tempo.co
Editor: Yocta Nurrahman
Rabu, 29 Maret 2017 18:00 WIB
John Surtees adalah pembalap MotoGP asal Inggris. Hebatnya, ia juga merupakan pembalap Formula 1. Dalam karir bermotornya, Surtees telah 4 kali mengantongi gelar juara dunia, yaitu pada tahun 1956, 1958, 1959, dan 1960. Wikipedia.org

TEMPO.CO, London - Mantan juara Formula Satu (F1) Nigel Mansell bersama dunia otomotif memberikan penghormatan pada John Surtees, satu-satunya pria yang meraih juara pada balapan roda dua dan empat.

Surtees yang memenangi kejuaraan F1 tahun 1964 bersama Ferrari, menyusul empat gelar di balap motor 500 cc dan tiga di 350 cc antara tahun 1956 dan 1960, meninggal dunia pada 10 Maret pada usia 83 tahun.

"John adalah seorang profesional yang sempurna, seorang pria, seorang juara yang luar biasa pada balap roda dua dan empat serta pria yang lembut, ini adalah raksasa besar," kata Mansell, yang membalap untuk Ferrari sebelum memenangi gelar tahun 1992 dengan Williams, Selasa (28/3) waktu setempat.

"Ketika Anda berbicara kepadanya dia begitu sederhana sehingga anda benar-benar lupa dia adalah juara. Saya menilai dia dengan kagum namun dia adalah seorang teman," ujarnya seperti dikutip Reuters.

Kepala tim Red Bull, Christian Horner mengatakan saat pemakaman di Gereja Worth Abbey, Selatan Inggris, bahwa Surtees akan selalu menjadi juara yang unik.

Dia juga mengenang kekaguman dari sang juara tersebut untuk Sebastian Vettel yang saat ini membalap bersama Ferrari setelah memenangi empat gelar di Red Bull.

"Ketika kami memenangi berbagai balapan dengan Sebastian Vettel, dia (Surtees) akan menelepon saya atau mengirim saya email dengan pengamatannya setelah balapan grand prix akhir pekan. Dia sangat tertarik untuk tetap berhubungan dengan pebalap modern," kata Horner.

ANTARA

#F1
#Balap Mobil

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi