Hasil Riset: Ford Peringkat Pertama dalam Teknologi Swakemudi
Reporter: Tempo.co
Editor: Setiawan
Selasa, 4 April 2017 14:38 WIB
Logo Ford. REUTERS/Mike Segar

TEMPO.CO, Jakarta - Mobil swakemudi digadang-gadag akan menjadi kendaraan masa depan dan menggantikan peran manusia dalam mengemudi. Perusahaan otomotif bersaing dalam pengembangan teknologi mobil swakemudi.

Belum lama ini perusahaan riset, Navigant Research melakukan penelitian terhadap 10 perusahaan otomotif yang mengembangkan teknologi mobil swakemudi.

Baca Juga: Ford-Toyota Kolaborasi Saingi Android Auto dan ...

Firma konsultan asal Amerika Serikat ini menetapkan 10 kriteria dalam menetukan peringkat perusahaan otomotif yang mengembangkan teknologi swakemudi. Yakni visi perusahaan, strategi pasar, mitra strategis, strategi produksi, penjualan, distribusi dan pemasaran, kemampuan produk, kualitas  dan kehandalan produk, portofolio produk dan daya tahan.  

Pabrikan mobil Amerika, Ford Motor meraih skor tertinggi dan menempati peringkat pertama dalam pengembangan mobil swakemudi. Ford serius dalam pengembangan mobil masa depan. Seperti dilansir dari laman motortrend.com, Ford akan ekspansi besar-besaran dalam mewujudkan ambisinya dalam pengembangan teknologi mobil masa depan di Pusat Inovasi dan Riset (Research and Innovation Center) yang berloasi di Palo Alto, California. Belum lama ini Ford melakukantes jalan mobil swakemudi generasi berikutnya Fusion Hybrid.

Navigant Research menempatkan General Motors sebagai peringkat kedua. Perusahaan otomotif yang juga asal Amerika ini baru saja mengakuisis perusahaan start up, Cruise Automation untuk mengembangkan teknologi mobil swakemudi. GM juga bermitra dengan perusahaan teknologi informasi lokal Lyft Inc. GM berinvestai sekitar USD 500 juta untuk membangun jaringan servis serta untuk merangsang pasar mobil swakemudi di dalam negeri.

Baca: Tes Swakemudi, Pesaing Google Jauh Ketinggalan

Sementara Renault/Nissan dan Daimler berada di peringkat ketiga dan keempat. Berikut ini peringkat satu hingga sepuluh perusahaan otomotif yang mengembangkan teknologi swakemudi; Ford, GM, Renault-Nissan, Daimler, Volkswagen, BMW, Waymo,Volvo/Autoliv/Zenuty, Delphi dan Hyundai Motor Group

SETIAWAN ADIWIJAYA

#Otomotif
#Ford

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi