Mitsubishi Serius Merambah Pasar Kendaraan Penumpang
Reporter: Tempo.co
Editor: Saroh mutaya
Jumat, 5 Mei 2017 20:45 WIB
Mobil Mitsubisi XM Concept saat peresmian pabrik baru PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) di Cikarang Pusat, Bekasi, 25 April 2017. Tempo/Tony Hartawan

TEMPO.CO, Jakarta - Distributor resmi Mitsubishi Motors di Indonesia, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), begitu serius merambah pasar kendaraan penumpang di Indonesia.

Salah satunya dengan membidik Small MPV mereka bisa sampai ke tangan konsumen setidaknya pada Oktober 2017 mendatang, meskipun mobil tersebut belum memiliki nama jual, spesifikasi resmi maupun rentang harga yang sudah disampaikan kepada khalayak.

Pun demikian, dengan segala rahasia yang masih menyelimuti Small MPV, satu hal yang sudah pasti yakni porsi 80.000 unit dari total kapasitas produksi pabrik baru Mitsubishi di Cikarang akan dialokasikan untuk mobil tersebut, sehingga mendasari keyakinan MMKSI bahwa unitnya bisa diterima konsumen dalam waktu yang telah ditargetkan.

BacaBegini Rasanya Naik Mitsubishi XM Concept 

"Diberikan ke konsumen sekira Oktober lah, produksinya kan juga sudah lebih awal jadi bisa ada kemungkinan September," kata Kepala Grup Penjualan dan Pemasaran MMKSI, Imam Choeru Cahya, di sela-sela IIMS ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, 27 April - 7 Mei 2017.

Di sisi lain, Imam mengungkapkan pihaknya sudah melakukan sejumlah langkah strategis termasuk mengumpulkan database konsumen yang nantinya akan menjadi telinga pertama yang mendengar berbagai perkembangan krusial terkait kesiapan kehadiran Small MPV Mitsubishi di Indonesia.

Lihat jugaStrategi Mitsubishi Menjelang Luncurkan XM Concept

Berbagai persiapan lain termasuk survei pasar dan pematangan produk juga ditempuh Mitsubishi demi memuluskan kelahiran mobil yang bakal bertarung di segmen terpanas pasar otomotif Indonesia tersebut.

"Kami melakukan beberapa aktivitas FGD (Forum Group Discussion -red), antara lain untuk mengetahui ini masuk segmen mana, karena dengan melihat segmennya Small MPV, kemudian ketertarikan di varian ini ada tidak," kata Imam. "Kami juga sudah lakukan pengumpulan database konsumen yang tertarik di Special Exhibitian dua event yang lalu, ada beberapa kota di sini (Jakarta) dan Bandung."

Imam mengungkapkan dari pihaknya saja, lewat special exhibiton sudah mengumpulkan lebih dari 5.000 data konsumen yang menyatakan tertarik, angka itu belum termasuk yang dikelola oleh diler sebagai inisiatif maupun di anjungan IIMS 2017. Orang-orang yang masuk daftar tersebut, kata Imam, nantinya akan menjadi yang pertama untuk mendapatkan informasi terbaru terkait Small MPV.

"Jadi misalkan gini, mungkin ada teaser maupun info mengenai spesifikasi, range harga dan lain-lain, orang-orang ini lah yang akan dapat duluan," pungkas Imam.

Di IIMS 2017, Mitsubishi juga kembali memajang versi konsep dari Small MPV mereka, Mitsubishi XM Concept, di panggung khusus di sudut depan anjungan mereka.

ANTARA

#Penjualan Mobil
#Mitsubishi

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi