Ini Catatan Penjualan Mobil Sepanjang IIMS 2017
Reporter: Tempo.co
Editor: Saroh mutaya
Kamis, 11 Mei 2017 18:50 WIB
Model berpose disamping mobil All New GLC 300 Coupe AMG yang dipamerkan dalam acara Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2017 di Jiexpo, Kemayoran, Jakarta. Untuk membawa mobil All New GLC 300 Coupe AMG perlu merogoh kantong Rp. 1,2 miliar. TEMPO/Fajar Januarta

TEMPO.CO, Jakarta - Sebanyak 11.604 unit mobil dan motor terjual sepanjang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017.

Jumlah tersebut membuat ajang otomotif yang berlangsung selama 11 hari di JIExpo Kemayoran, Jakarta ini berhasil melampaui nilai transaksi tahun lalu sebesar 5,49 persen. Namun, jumlah tersebut belum mewakili seluruh agen pemegang merek (APM) yang ikut serta dalam IIMS 2017.

Berdasarkan data penjualan yang dirilis lima APM, volume penjualan empat di antaranya  ditopang oleh satu model andalan. Bisnis merangkum mobil-mobil yang diminati pengunjung IIMS 2017 dari setiap merek tersebut. Berikut daftarnya.

1.     Toyota Avanza

LMPV (low multi purpose vehicle) dari PT Toyota Astra Motor (TAM) ini terjual sebanyak 1.296 unit. Angka tersebut membuat varian Avanza menjadi mobil yang paling banyak dibeli selama IIMS 2017.

Sebagai perbandingan, TAM mencatat penjualan sepanjang IIMS 2017 sebanyak 4.652 unit. Artinya Avanza berkontribusi hampir sepertiga dari total penjualan tersebut.

Menurut Vice President PT TAM Henry Tanoto, tingginya penjualan Avanza menunjukan segmen LMPV merupakan ceruk pasar yang paling seksi di pasar otomotif dalam negeri. “Toyota masih menjadi pilihan konsumen secara nasional [kelas LMPV],” katanya.

Dia berharap hasil positif ini akan dapat dipertahakan perusahaan hingga akhir tahun. TAM menargetkan akan tetap mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar otomotif di Indonesia.

 2.     All New Honda CR-V

Produk dari pesaing terdekat Toyota di pasar otomotif Tanah Air, Honda, berada di urutan kedua. Model SUV (sport utility vehicle) teranyar dari PT Honda Prospect Motor ini menyumbang penjualan sebesar 1.060 unit atau 30 persen dari total penjualan Honda selama IIMS 2017. Selain menjadi produk terlaris perusahaan, All New Honda CR-V juga terpilih sebagai mobil terbaik di IIMS 2017 berdasarkan pilihan pengunjung.

“CR-V menarik pengunjung sejak awal dan mencatat rata-rata penjualan sekitar 100 unit setiap harinya,” kata Jonfis Fandy, Marketing After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor.

All New Honda CR-V diklaim menghadirkan desain baru yang lebih tangguh sekaligus mewah dan didukung dengan mesin 1.500 cc VTEC Turbo. Model terbaru ini juga telah disesuaikan dengan pasar Indonesia dengan menawarkan kapasitas tujuh penumpang.

3.     Mitsubishi Pajero Sport

Terpaut tipis dengan Honda CR-V, urutan ketiga juga diisi oleh model SUV. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia mencatatkan penjualan Pajero Sport sebanyak 1.038 unit atau 73% dari total penjualan. Sebanyak 118 di antaranya disumbangkan oleh disumbangkan oleh varian terbaru, yakni Pajero Sport Dakar 4x2 Ultimate yang diproduksi di dalam negeri.

“Pajero Sport masih tetap menjadi bintang,” kata Imam Choeru Cahya, Head of Sales and Marketing Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia.

Model Ultimate diyakini selanjutnya akan kembali mendongkrak penjualan hingga akhir tahun ini. Pasalnya model ini adalah varian teratas dari Pajero yang memiliki sejumlah fitur yang disesuaikan untuk konsumen otomotif dalam negeri.

4.     Suzuki Ignis

Model teranyar dari PT Suzuki Indomobil Sales yang mengincar segmen entry level ini bisa dibilang menemukan panggungnya di IIMS 2017. Ignis berada di urutan teratas di area uji berkendara dengan jumlah peserta sebanyak 2.564 orang.

Mobil ini juga memberikan kontribusi sebesar 44 persen terhadap total penjualan di IIMS 2017 atau 812 unit.

“Kami puas dengan hasil penjualan selama pameran IIMS yang berhasil melampui target. Strategi kami menghadirkan Suzuki IGNIS sebagai magnet utama di booth [stan] kami berhasil,” kata Setiawan Surya, 4W Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales.

Hasil ini tidak diprediksi oleh perusahaan. Dengan demikian Suzuki akan lebih optimistis untuk melakukan penetrasi yang lebih intensif ke pasar otomotif dalam negeri.

5.     Kia All New Rio

Sesuai dengan prediksi PT Kia Mobil Indonesia (KMI) Kia All New Rio menjadi magnet utama perusahaan. Rio generasi keempat ini terjual sebanyak 47,47 persen dari total penjualan di stan Kia, atau 75 unit

All New Rio merupakan produk teranyar yang diboyong KMI dan diluncurkan pada IIMS 2017. Mobil ini pertama kali diperkenalkan di dunia pada Paris Motor Show 2016. Harapannya hingga akhir tahun, Kia All New Rio bersama Grand Sedona dapat mendongkrak penjualan pabrikan asal Korea Selatan ini.

Presiden Direktur KMI Iki Wibowo mengatakan dua model tersebut ditargetkan mendongkrak penjualan hingga 100 persen. Meskipun dia sepenuhnya menyadari bahwa hatchback, kelas All New Rio merupakan ceruk yang kecil.

BISNIS.COM

#IIMS 2017

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi