Tesla Model 3 Siap Meluncur Jumat Mendatang
Reporter: Tempo.co
Editor: Setiawan
Selasa, 4 Juli 2017 23:00 WIB
CEO Tesla Motors, Elon Musk. businessinsider.com

TEMPO.CO, Jakarta -Harga saham Tesla Inc menguat setelah Elon Musk, pendiri produsen mobil listrik asal Amerika Serikat itu menyatakan bahwa Model 3 terbaru siap meluncur pada Jumat mendatang, dua minggu lebih cepat dari target semula.

Baca: Tesla Pabrikan Otomotif Terbaik ke 5 Dunia Naik Satu Tingkat Musk menyebutkan Tesla Model 3 dengan konfigurasi lima tempat duduk dan biaya produksi terendah dibandingkan model yang lain telah lulus serangkaian test regulasi. "Kami harapkan kelengkapan SN 1 (Serian Number 1) keluar pada Jumat," ucapnya dalam cuitannya seperti dilansir dari BBC News, Senin 3 Juli 2017.

Saham Tesla pada perdagangan Senin menguat 2 persen dipicu oleh respon positif investor terhadap pernyataan Musk tersebut. Peluncuran Model 3 merupakan upaya Tesla untuk masuk ke target pasar masyarakat luas (mass market) namun tetap sesuai segmen yang telah ditargetkan sebelumnya. Musk menargetkan bisa memproduks sekitar 20 ribu unit Model 3 per bulan mulai Desember mendatang.

Tesla Model 3 akan dibandrol sekitar USD 35 ribu atau sekitar Rp 460 juta atau hampir setengah lebih murah dari harga mobil termurah Tesla yang diproduksi sebelumnya. Sebelumnya Tesla menargetkan bisa memproduksi Model 3 sekitar 500 ribu unit per tahun.

Awal tahun ini Tesla berhasil melampaui posisi General Motors (GM) Co dan Ford Motor sebagai ‘Most Valuable Carmaker’ di AS sehingga mendongkrak nilai kapitalisasi pasar hingga USD 50,9 miliar, meskipun hanya memproduksi 84 ribu unit pada tahun lalu. Bahkan, hanya selisih USD 1 miliar dengan perusahaan otomotif raksasa asal Jepang, Honda Motor Co., dan menempatkan posisi ke-5 manufaktur otomotif terbaik dunia.

Performa terbaik ini menunjukkan sejauh mana para investor ‘membeli’ visi yang ditawarkan oleh Musk terhadap masa depan mobil listrik. “Tesla mendongkrak optimisme, kebebasan, pembangkangan, dan emosi lainnya dalam pandangan kami dan tidak ada (perusahaan lain) yang dapat meniru hal itu,” ungkap Alexander Potter, seorang analis di Piper Jaffray Cos, Selasa 11 April 2017.

Baca: Tesla Motors dan Panasonic Garap Mobil Listrik Nilai kapitalisasi pasar Tesla seperti diumumkan di bursa Wall Street pada Senin mencapai USD 60 miliar. Ini lebih tinggi dari General Motors yang mencapai USD 54 miliar dan Ford USD 46 miliar.

SETIAWAN ADIWIJAYA

#Mobil Listrik
#Tesla
#Elon Musk

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi