Mobil Listrik Tesla Muncul, Posisi Nissan Leaf Terancam
Reporter: Tempo.co
Editor: Eko Ari Wibowo
Selasa, 5 September 2017 22:11 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Posisi Nissan Leaf, pemimpin pasar mobil listrik sejak pertama diluncurkan pada 2010, mulai terusik dengan kehadiran Tesla. Kehadiran pemain baru yang juga mengincar penjualan mobil listrik secara masif menjadi penyebabnya.

Sejak pertama kali diluncukan, Nissan Leat membukukan penjualan sebanyak hampir 300.000 unit. Angka tersebut pun membuat Nissan Motor Corporation dinobatkan sebagai mobil listrik dengan penjualan terbaik.

Baca: Stranford Bikin Terobosan Pengisian Mobil Listrik Nirkabel

Strategi perusahaan terbilang berhasil dengan fokus pada teknologi listrik murni dibandingkan kompetitor yang terlebih dahulu mengembangkan teknologi hibrida.

Berselang tujuh tahun, predikat itu pun mulai menghilang. Konsumen mobil listrik mulai melirik pabrikan lain, yakni Tesla Inc.

Berdasarkan data terakhir, sudah ada 450.000 orang yang melakukan pemesanan terhadap Tesla Model 3. Mobil ini dipasarkan seharga US$35.000.

Baca: Tesla Berjanji Akan Segera Rilis Prototipe Truk Listrik

Dalam upaya mempertahankan posisinya di pasar mobil listrik, Nissan pada 6 September di wilayah Chiba dekat Tokyo, Jepang, dan bersamaan di Las Vegas, Amerika Serikat akan meluncurkan generasi teranyar dengan rentang jarak pakai yang lebih jauh. Perlu diamati apakah Nissan mampu memperlambat momentum Tesla Model 3 dengan produk ini.

“Ini akan sulit untuk Leaf terbaru dibandingkan generasi pertama, karena tidak lagi memonopoli perhatian publik di pasar masif mobil listrik. Tesla lebih menarik, bahkan bila Nissan menawarkan teknologi yang hampir serupa,” kata Tatsuo Yoshida, senior analisis di Sawakami Asset Management Inc.

BISNIS


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi