Mengintip Spesifikasi Mobil Listrik Nissan Leaf Terbaru
Reporter: Tempo.co
Editor: wawan priyanto
Kamis, 7 September 2017 07:31 WIB
Nissan Leaf 2018. Dok The Verge

TEMPO.CO, Jakarta - Nissan memperkenalkan mobil listrik Nissan Leaf generasi kedua yang menawarkan jarak tempuh lebih jauh dengan desain baru yang dinamis serta ragam kecanggihan yang menunjukkan kepemimpinan Nissan dalam hal teknologi.

"New Nissan Leaf menjadi sentral dari Nissan Intelligent Mobility, yang merupakan strategi utama kami untuk masa depan Nissan," ujar Hiroto Saikawa, Presiden dan CEO Nissan, dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 6 September 2017.

Baca: Mobil Listrik Nissan Leaf Terbaru Muncul Tanpa Pedal Rem

"New Nissan Leaf memiliki jarak tempuh lebih baik dan berpadu dengan evolusi teknologi swakemudi, seperti ProPILOT Park, serta pengoperasian e-Pedal yang mudah, memperkuat kepemimpinan Nissan pada mobil listrik dan perluasan pasar mobil listrik di seluruh dunia," sambung Hiroto Saikawa. Nissan Leaf terbaru. The Verge

Ia menambahkan, "Mobil ini memiliki banyak kelebihan yang akan diwujudkan oleh model-model Nissan masa depan."

Teknologi New Nissan Leaf memiliki jangkauan tempuh hingga 400 km (berdasarkan JC08 Jepang) yang memungkinkan pengemudi menikmati perjalanan yang lebih aman dan lebih lama. E-powertrain terbaru memberikan Nissan Leaf daya 110 kW dan torsi 320 Nm sehingga meningkatkan akselerasi dan kenikmatan berkendara.

Simak: Mobil Listrik Nissan Leaf Targetkan Penjualan 90 Ribu Unit

Leaf terbaru juga mengadaptasi teknologi swakemudi ProPILOT yang bekerja pada satu jalur di jalan bebas hambatan.

Ada juga ProPILOT Park yang saat diaktifkan akan mengendalikan kemudi, akselerasi, pengereman, perubahan shift dan rem parkir, dan secara otomatis membimbing mobil ke area parkir yang dituju. Ini memungkinkan pengemudi parkir dengan aman dan mudah termasuk di area parkir paralel.Bagian belakang Nissan Leaf terbaru yang sporty. The Verge. 

Teknologi e-Pedal yang revolusioner pada Leaf terbaru mengubah cara orang mengemudi. e-Pedal memungkinkan pengemudi mulai berkendara, mempercepat, melambat dan berhenti, hanya dengan menaikkan atau menurunkan tekanan kaki pada pedal.

Saat akselerator dilepaskan sepenuhnya, rem bekerja secara otomatis, sehingga mobil akan berhenti total. Bahkan di lereng curam sekalipun, posisi mobil akan tetap terkunci sampai pedal gas ditekan lagi. Kelebihan e-Pedal memaksimalkan kenikmatan berkendara mobil listrik.

Eksterior-InteriorNissan Leaf memiliki profil desain ramping yang memberikan tampilan tajam dan dinamis. Fitur desain Nissan yang familiar dapat terlihat dari ciri khas lampu berbentuk bumerang dan aliran V-motion di bagian depan. Ornamen biru pada kisi-kisi gril depan dan bemper belakang menekankan identitasnya sebagai mobil listrik Nissan.

Kabin Leaf didesain ulang dengan fokus pada pengemudi, melalui panel depan bergaya "gliding wing". Ini menggabungkan penggunaan ruang yang sangat efisien sesuai fungsi.

Mobil tersebut baru akan tersedia bulan depan di Jepang, diikuti oleh Amerika Serikat (AS), Kanada dan Jepang pada Januari 2018. Di Jepang, Nissan Leaf dijual dengan harga 3,15 juta yen atau sekira Rp386,7 juta.

Wakil Presiden Direktur Marketing dan Sales PT Nissan Motor Indonesia Davy J. Tuilan mengatakan bahwa mobil listrik Nissan Leaf sangat mungkin dipasarkan di Indonesia. “Iya, kemungkinannya ada. Kami menunggu kebijakan dari pemerintah dan kesiapan infrastruktur,” kata Davy kepada Tempo, 7 September 2017.

Nissan Leaf merupakan pemimpin penjualan mobil listrik saat ini dengan penjualan lebih dari 280 ribu unit sejak dipasarkan pada 2010. Mobil ini mendapatkan saingan berat setelah Tesla meluncurkan mobil sejenis Model 3. Chevrolet dengan Bolt EV juga mulai menggerogoti pasar Nissan Leaf. Baik Tesla Model 3 maupun Chevrolet Bolt EV lebih unggul dalam hal jarak tempuh dibanding Nissan Leaf. Untuk hal ini, Nissan Leaf berjanji akan menghadirkan teknologi yang mampu membuatnya mampu melaju lebih jauh lagi tahun depan. 

Spesifikasi New Nissan Leaf 2017 (model Jepang):

Eksterior  
Panjang (mm)4,480
Lebar (mm)1,790
Tinggi (mm)1,540
Sumbu roda (mm)2,700
Ground clearance minimal (mm)150
Ban205/55R16 atau 215/50R17
Kargo435 L
  
Kapasitas penumpang5 orang
  
Baterai 
Tipe Li-ion battery
Kapasitas40 kWh
  
Motor Elektrik 
NamaEM57
Tenaga maksimum110 kW (150 ps)/3283~9795 rpm
Torsi Maksimum320 Nm (32.6 kgfm)/0~3283 rpm
  
Performance 
Jakar tempuh400 km (JC08)
Isi ulang (normal charging)16 jam (3 kW)
8 jam (6 kW)
Isi ulang cepat hingga 80 persen hanya 40 menit

ANTARA | WAWAN PRIYANTO 

#Mobil Listrik
#Nissan

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi