Mobil Mercy Milik Bos Nazi Adolf Hitler Bisa Beli 9 Unit Ferrari
Reporter: Terjemahan
Editor: Eko Ari Wibowo
Minggu, 31 Desember 2017 20:51 WIB
Mercedes Benz 770 K milik pimpinan Nazi Adolf Hitler. Sumber: auto.ndtv.com
Iklan
Iklan

TEMPO.CO, Berlin - Mercedes Benz 770 K Grosser juga merupakan mobil kesayangan pimpinan Nazi Adolf Hitler. Mercedes Benz 770k milik penguasa asal Rusia dengan model yang sama dilelang seharga US$ 5-7 Juta atau sekitar Rp 94 miliar setara 9 mobil supercar Ferrari California T. Beberapa organisasi telah memprotes atas penjualan mobil itu karena memiliki sejarah yang besar namun emilik anonim saat ini telah berjanji untuk menyumbangkan 10 persen dari hasil penjualan ke organisasi yang mendedikasikan pendidikan Holocaust.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Baca: Hypercar Masa Depan Mercedes-Benz Segera Diperkenalkan

Mobil ini berasal dari pemilik Casino di Las Vegas. Ia mendapatkannya dari museum dengan kondisi kurang terawat yang saat akan digunakan untuk menggelar pesta ulang tahun dengan tema Hitler. Sebelumnya, mobil Adolf Hitler tersebut dijual ke pembeli di Belgia pada 1946. Kemudian ke pedagang tembakau Amerika yang menyumbangkannya ke sebuah museum di North Carolina dan sempat digunakan sebagai bagian dari parade Perang Veteran Asing. Mobil tersebut kemudian tidak terpakai sampai kolektor membelinya.

Mercedes Benz 770 K milik pimpinan Nazi Adolf Hitler. Sumber: auto.ndtv.com

Mercedes-Benz 770K Grosser dipasarkan pada akhir 1930an. Mobil ini memiliki registrasi asli IA 148461 ini digunakan beberapa kali oleh diktator Jerman untuk berkeliling di seluruh Eropa. Mobil itu adalah bagian dari segelintir Mercedes Benz dengan sasis nomor 189744 adalah yang terakhir dari delapan model 770K. Saat ini, mobil ini hanya tinggal lima yang masih di seluruh dunia. Dari lima, hanya tiga termasuk mobil ini, berada di tangan pribadi dengan dua lainnya berada di museum.

Dalam salah satu foto, mobil ini telah dipakai Hitler untuk merayakan kekalahan Prancis pada 1940 dalam sebuah parade akbar di Berlin, Jerman. Mercedes Benz 770 K Grosser juga digunakan dalam parade seremonial setelah kekalahan Yugoslavia dan Yunani pada tahun 1941. Bahkan, lebih jauh lagi, Benito Mussolini juga menggunakannya pada awal 1940-an ketika dia mengunjungi Jerman dalam beberapa kesempatan.

Baca: Strategi Mercedes Benz Agar Terus Kuasai Pasar Segmen Premium

Mercedes Benz 770K yang sebagian bodinya menggunakan lapis baja ini tidak banyak digunakan dan berakhir di Prancis. Saat ditemukan tentara Amerika Serikat yang tidak mengetahui sejarah mobil ini pernah digunakan Adolf Hitler kemudian dipakai mobil pool militer selama beberapa bulan.

AUTONDTV

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi