Tip Memilih Ban Sepeda Motor yang Ideal untuk Musim Hujan
Reporter: Naufal Shafly
Editor: Wawan Priyanto
Selasa, 16 Januari 2018 13:05 WIB
Ilustrasi kecelakaan sepeda motor. ANTARA/Umarul Faruq
Iklan
Iklan

TEMPO.CO, Jakarta - Pada musim hujan, banyak pengendara sepeda motor yang mengalami selip ban dan terjatuh. Hal ini bisa disebabkan beberapa faktor, seperti jalanan licin dan kondisi ban yang sudah tipis. Untuk meminimalisasi selip pada ban saat musim hujan, ada baiknya kita memilih ban yang cocok untuk jalanan basah.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menurut Supervisor Training Proban Motorsports Tommy Bramantya, pada musim hujan, hindari pemilihan ban dengan kembangan atau pattern yang sedikit. Sebab, kata dia, ban dengan kembangan yang sedikit sulit membuang air pada ban.

Baca: 6 Hal yang Harus Dilakukan Bagi Pencinta Trabas Honda CRF150L

“Untuk musim hujan, pilih ban dengan kembangan yang banyak karena itu (kembangan) merupakan jalur pembuangan air pada ban,” ujarnya saat ditemui Tempo, Rabu, 10 Januari 2018.

Ia juga tidak merekomendasikan ban berjenis slick atau ban tanpa kembangan karena dapat berbahaya di jalanan saat hujan.

Simak: Mudik Lebaran, Depok Larang Bus dengan Ban Vulkanisir

“Meskipun pabrikan mengeluarkan ban slick dengan label wet and dry, lebih disarankan menggunakan ban dengan kembangan yang banyak,” ucapnya.

Menurutnya, pattern pada ban berfungsi sebagai pembantu traksi ban ke permukaan jalan. Pattern pada ban telah diriset dan disesuaikan dengan fungsinya sebelum dijual ke pasaran.

Tommy juga menyarankan tekanan udara pada ban sepeda motor tidak terlalu keras. "Tekanan udara dijaga, jangan terlalu keras,” tuturnya.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi