Bursa Motor Bekas di Pasar Klithikan Tawarkan Kredit DP 0 Persen
Reporter: Pribadi Wicaksono (Kontributor)
Editor: Wawan Priyanto
Sabtu, 27 Januari 2018 16:18 WIB
Puluhan sepeda motor dipajang dalam bursa motor bekas di Pasar Klitikan Pakuncen, Yogyakarta, Sabtu 27 Januari 2018. Tempo/Pribadi Wicaksono
Iklan
Iklan

TEMPO.CO, Yogyakarta - Pasar Klitikan kini menjadi pusat jual beli sepeda motor bekas di Yogyakarta, setelah sebelumnya terkenal sebagai pasar onderdil bekas maupun baru. Bursa motor di Pasar Klitikan atau Pasar Pakuncen, per Januari 2018 ini, digelar secara rutin setiap akhir pekan, yakni Sabtu dan Minggu mulai pukul 11.00-21.00 WIB.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pantauan Tempo Sabtu siang, 27 Januari 2018, bursa motor yang baru mulai digelar kali kedua itu sudah mulai diserbu konsumen. Ada sekitar 100-an motor berbagai merek yang dipajang di bagian tengah pasar yang selama ini dikenal sebagai pusatnya barang bekas Yogya itu.

Motor-motor bekas yang dijual di Klitikan cukup beragam meski tetap didominasi jenis motor matic di atas tahun 2010. Harganya berkisar Rp 7 hingga 20 juta. "Hari ini baru dibuka satu jam, sudah ada satu unit terjual, pekan lalu sembilan motor terjual dalam sehari," ujar Ketua Panitia bursa motor yang juga pengurus paguyuban Pasar Klitikan, Joko Kristianto alias Antok saat ditemui Tempo.

Baca: Dealer Motor Tua Ini Sering Didatangi Pejabat dan Orang Penting

Dalam bursa motor Pasar Klitikan ini, pihak pasar menggandeng lembaga pembiayaan Adira Finance dan sedikitnya 10 dealer motor bekas berpartisipasi memajang dagangannya secara gratis.

"Awalnya kami rangkul dealer motor bekas untuk meramaikan sekaligus memancing minat warga yang ingin menjual motornya agar tertarik berpartisipasi di sini," ujarnya.

Marketing Head Adira Finance Yogyakarta Rustam Hari menuturkan, program bursa motor bekas di dalam area pasar ini menjadi program yang cukup potensial masa depannya. Karena selain harga lebih miring juga ada program khusus untuk pembayaran kredit.

Calon pembeli pun juga dimudahkan dengan program kredit yang ditawarkan dengan tenor rata rata 36 bulan. "Jika normalnya saat kredit di dealer DP (down payment) motor bekas bisa sampai 25 persen, di pasar ini DP nya cuma 10 persen," ujarnya. Bahkan ada pula motor motor yang DP nya Rp 0.

Para warga yang hendak menjual motornya di bursa motor Pasar Klitikan ini pun juga otomatis langsung difasilitasi Adira agar motornya bisa terjual secara kredit. Syaratnya motor yang dijual STNK nya masih berlaku dan surat lengkap.

Rustam menuturkan, hadirnya bursa motor bekas di pasar tradisional ini akan makin menggeliatkan pasar motor di Yogya masih besar peminatnya. Berkaca di awal Januari 2018 ini, ketika Adira Yogya menggelar penjualan motor di dalam salah satu mall di Yogya, dalam empat hari bisa terjual 57 unit motor.

Baca: Dealer Motor Tua di Solo Ini Menjual Honda C50 Hingga Vespa

Seorang pemilik lapak onderdil di Pasar Klitikan, Sujamta mengaku senang adanya bursa motor dalam pasar itu. "Orang yang beli atau sekedar lihat lihat jadi mampir cari onderdil atau variasi, jadi tambah ramai," ujarnya.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi