Hino Akhiri Sosialisasi Keselamatan Berkendara di Balikpapan
Reporter: Naufal Shafly
Editor: Wawan Priyanto
Sabtu, 23 Desember 2017 12:58 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Balikpapan menjadi kota penutup dari rangkaian kampanye keselamatan mengemudi bertajuk Hino Dutro Safety Driving Competition yang digelar di sepuluh kota. Acara ini diselenggarakan PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) bersama dengan dealer resmi Hino di wilayah Kalimantan Timur, PT Antasena Agung Jaya (AAJ), PT Kumala Motor Sejahtera Bersama (KMSB), dan PT Prima Putra Kaltim (PPK)

Dalam acara kali ini, venue bertempat di area parkir Balikpapan Sport and Convention Center, atau dikenal sebagai Dome. Sebanyak 90 pengemudi pelanggan Hino di seluruh wilayah Kalimantan Timur turut ambil bagian pada acara ini.

Baca: Hino Lanjutkan Kampanye Keselamatan Berkendara di Manado

“Sebagai pelaku industri otomotif, Hino sangat senang dapat menggelar acara ini karena ini bentuk tanggung jawab kami menjaga keselamatan mereka. Sebab, keselamatan para pengemudi merupakan hal yang paling berharga dan terpenting bagi keluarganya,” kata Yuichi Naito, Direktur HMSI, dalam siaran pers yang diterima Tempo, Jumat, 22 Desember 2017. 

Hino Dutro Safety Driving Competition terbagi menjadi dua bagian tes. Pada hari pertama bertempat di kantor HMSI cabang Balikpapan, Jalan Pulau Balang KM 13. Pengemudi diuji tertulis mengenai keselamatan berkendara, seperti daily inspection, proper driving, economical driving, safety driving, dan rambu-rambu lalu lintas.

Simak: Hino Ajak Pengemudi Truk Tingkatkan Keselamatan Berkendara

Sepuluh pengemudi dengan nilai tertinggi dari hasil tes tahap pertama akan melanjutkan tes pada hari kedua di area Dome untuk inspection test dan skill test berupa zig-zag forward dan backward serta reverse parking.

Agus Purwanto, pengemudi dari CV Ekatani, berhasil menjadi pemenang dalam Hino Safety Driving Competition seri penutup ini. Dia berpendapat acara ini memberikan edukasi yang baik untuk keselamatan para pengemudi truk.

“Saya merasa senang karena kompetisi seperti ini belum pernah diadakan. Melalui kegiatan ini, saya juga menjadi lebih paham tentang masalah lalu lintas karena edukasi yang diberikan Hino cukup mendalam," ucap Agus.

Hino Dutro Safety Driving digelar sejak Oktober 2017. Semarang menjadi kota pertama, diikuti Surabaya, Jakarta, Makassar, Manado, Pontianak, Medan, Padang, dan Pekanbaru. Total 700 pengemudi ikut serta dalam kampanye ini.

Dengan acara tersebut diharapkan para pengemudi truk dapat menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas dan selalu membudayakan keselamatan sebagai kebutuhan.

Acara ini juga diharapkan dapat memberi dukungan kepada pemerintah dalam upaya mencegah kecelakaan di jalan melalui edukasi yang berkesinambungan dan bekerja sama dengan instansi terkait, seperti kepolisian, Kementerian Perhubungan, dan dinas perhubungan setempat.


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi