Aksi Pencurian Sepeda Motor Merebak, Ini 6 Cara Mencegahnya
Reporter: Naufal Shafly
Editor: Eko Ari Wibowo
Kamis, 18 Januari 2018 09:54 WIB
Rekaman CCTV di sebuah minimarket yang memperlihatkan aksi pencurian sepeda motor. MARIFKA WAHYU HIDAYAT
Iklan
Iklan

TEMPO.CO, Jakarta - Aksi pencurian sepeda motor marak terjadi. Pabrikan telah menyematkan beberapa fitur untuk menghindari pencurian, namun para pencuri tetap bisa membobol fitur kemanan tersebut. Misalnya, kunci magnet bawaan pabrik masih bisa dibobol maling menggunakan kunci T.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Baca: Inilah Pentingnya Rotasi Posisi Ban pada Mobil

Ada beberapa tip sederhana yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir atau paling tidak menyulitkan para pencuri yang ingin mencuri motor. Berikut lima tip sederhana yang dikutip dari situs hondacengkareng.com;

1. Kunci Stang ke Arah Kanan

Hal ini merupakan hal yang sangat mudah karena kita hanya perlu mengunci stang motor ke arah kanan. Beberapa video di dunia maya juga memperlihatkan bahwa motor dengan posisi kunci stang ke arah kanan akan sulit untuk dibobol maling. Namun, sayangnya metode ini tidak bisa diterapkan pada setiap motor karena motor dari pabrikan selain Honda tidak dapat dikunci menghadap ke kanan.

2. Manfaatkan Teknologi Side Stand Switch

Pencuri motor biasa melakukan aksinya dengan memilih motor yang paling cepat dan gampang dicuri. Maka manfaatkan teknologi Side Stand Switch untuk membuat para pencuri sedikit repot karena harus menggabungkan Side Stand Switch dengan standar tengah motor.

Side Stand Switch merupakan teknologi yang membuat motor tidak bisa dinyalakan saat standar samping diturunkan. Namun harus kembali disayangkan metode ini tidak bisa dipakai oleh semua jenis motor karena beberapa jenis motor tidak memiliki teknologi tersebut.

3. Pasang Pengaman Tambahan

Dengan menambahkan pengaman tambahan pada motor anda, resiko kehilangan motor dari para maling motor akan sedikit berkurang. Hal ini bertujuan untuk membuat repot para maling motor yang sudah mengintai dan mengawasi motor anda. Pengaman tambahan ini dapat berupa gembok yang dikaitkan pada lubang cakram depan dan rantai belakang apabila motor anda berjenis bukan matic. Dan pastikan ketika akan berkendara kembali untuk melepas pengaman tersebut.

4. Mencabut Tutup Busi

Salah hal yang penting mencegah pencurian adalah mematikan pengapian. Hal itu dilakukan dengan mencabut tutup busi pada sepeda motor. Langkah ini dianggap jitu karena motor tak akan bisa dihidupkan tanpa adanya tutup busi. Hanya saja, tip ini sulit digunakan pada motor matik dimana posisi businya tertutup bodi motor.

5. Pasang Alarm

Jika motor anda sudah memiliki fitur alarm tentunya anda tidak perlu lagi memasang alarm tambahan pada motor anda. Jika belum, anda dapat memasangnya di bengkel terdekat. Alarm tambahan yang ada dipasaran saat ini cukup beragam jenis dan cara kerjanya, tapi secara garis besar fungsinya sama yaitu meningkatkan keamanan motor anda.

6. Tempel Stiker atau Tanda “Pengenal”

Ada baiknya motor anda dipasang stiker pengenal yang berbeda dari motor yang lainnya. Hal ini untuk memudahkan pencarian seandainya sepeda motor anda hilang. Selain untuk memudahkan pencarian, tempelan stiker pengenal ini bisa membuat para maling berpikir ulang untuk mencurinya.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi