Ban Sport Sebaiknya Tidak Digunakan untuk Harian, Ini Alasannya
Reporter: Antara
Editor: Wawan Priyanto
Senin, 22 Januari 2018 09:47 WIB
Pembalap Toyota Team Indonesia Haridarma Manoppo saat beraksi menggunakan mobil Toyota 86 Gazoo Racing di Sirkuit Fuji Speedway, Jepang, 10 Desember 2017. Dok TAM
Iklan
Iklan

TEMPO.CO, Jakarta - Salah satu upaya mempercantik tampilan mobil adalah menggunakan ban model sport yang bisa memberikan kesan gagah dan sporty pada kendaraan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ban model sport dengan kontur yang lebih keras dan model alur ban yang berbeda memang direkomendasikan untuk pengemudi yang gemar bermanuver atau memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi.

Baca: Yokohama Meracik Ban MPV dari Ekstrak Kulit Jeruk

Namun penggunaan ban model sport ternyata tidak disarankan untuk mobil-mobil yang dipakai sehari-hari karena konturnya yang keras dan gesekan antara ban dan aspal memberikan suara yang bising.

"Tentu kurang nyaman jika ban sport dipakai harian. Lebih berisik dan lebih keras," kata Marketing Manager PT YHI Indonesia, distributor ban Yokohama di Tanah Air, Tejo Andriastono, beberapa waktu lalu.

"Konturnya yang keras memberikan suara yang bising saat bergesekan dengan aspal," katanya kemudian menambahkan bahwa ban sport membutuhkan waktu lebih laman untuk mencapai panas agar bisa mencengkram aspal secara optimal.

Simak: Tip Memilih Ban Sepeda Motor di Musim Hujan

Selain itu, Tejo mengatakan harga ban sport tentunya lebih mahal dan lebih cepat habis ketimbang ban untuk mobil penumpang. Ban sport cepat habis karena komponen yang lebih keras akan terkikis saat bergesekan di atas jalanan.
 
Untuk itu, ia menyarankan agar pemilik mobil yang menggunakan kendaraan setiap hari agar menggunakan ban penumpang yang umumnya sudah didesain dengan alur yang lebih rapat untuk mengurangi kebisingan dan lebih empuk sehingga nyaman dikendarai.
Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi