Pabrik Suzuki Cikarang Lahirkan 1 Mobil Setiap 2 Menit
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Selasa, 20 Februari 2018 10:00 WIB
Aktivitas final inspection New Suzuki Ertiga di pabrik Suzuki Cikarang, Bekas, Jawa Barat. 19 Februari 2018. Pabrik ini memproduksi mobil New Ertiga, Karimun Wagon R, mesin, dan transmisi. TEMPO/Wawan Priyanto.
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Cikarang - Assistant to Dept Body Assambly PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) Yudonendito mengatakan bahwa pabrik Suzuki di Cikarang mampu melahirkan 1 unit mobil setiap 2 menit.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pabrik ini telah mengadopsi teknologi terkini dan diklaim lebih maju dibanding pabrik Suzuki global di negara lain, termasuk yang berada di Jepang. "Proses perakitan 1 unit mobil dari pressing hingga final inspection mungkin bisa 4 jam, tapi setiap 2 menit keluar 1 unit mobil baru yang siap dikirim ke dealer," kata Yudonendito di pabrik Suzuki di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, 19 Februari 2018.

Baca: 90 Persen Pabrik Suzuki Cikarang Gunakan Teknologi Robotik

Yudonendito menjelaskan bahwa pabrik Cikarang mengoperasikan sebanyak 217 robot pada proses pengelasan (welding). 90 persen operasional pabrik didominasi teknologi robotik. Pabrik ini juga memiliki fasilitas pencetakan logam atau forging (untuk komponen transmisi) dan seat (jok mobil). Meski demikian, lanjut dia, pabrik Cikarang mampu menyedot 1.290 tenaga kerja. “Penggunaan robotik canggih itu dimaksudkan untuk meningkatkan akurasi atau presisi dalam setiap pekerjaan,” ujarnya.

Sejumlah pekerja sedang menyelesaikan perakitan mobil Suzuki Ertiga di Pabrik Suzuki Cikarang, Bekasi, Senin 19 Februari 2018. TEMPO/Wawan Priyanto

Pabrik Suzuki di Cikarang berdiri di atas lahan seluas 130,7 hektare. Saat ini pabrik Suzuki Cikarang digunakan untuk memproduksi mobil New Suzuki Ertiga seluruh tipe untuk pasar domestik dan mesin New Ertiga (K14B berkapasitas 1.400cc), dan Karimun Wagon R (K10B berkapasitas 1.000cc), serta transmisi kendaraan roda empat.

Baca: New Suzuki Ertiga Diekspor ke 25 Negara, Begini Pabriknya

Saat ini pabrik Suzuki Cikarang digunakan untuk memproduksi mobil New Suzuki Ertiga seluruh tipe untuk pasar domestik dan mesin New Ertiga (K14B berkapasitas 1.400cc), dan Karimun Wagon R (K10B berkapasitas 1.000cc), serta transmisi kendaraan roda empat. Suzuki Indonesia telah mengekspor Suzuki Ertiga ke 25 negara di Asia, Oceania, Amerika Selatan, dan Karibia.

Mesin robot menyelesaikan perakitan mobil Suzuki Ertiga di Pabrik Suzuki Cikarang, Bekasi, Senin 19 Februari 2018. TEMPO/Wawan Priyanto

Selain itu, untuk produksi transmisi juga diekspor ke negara Thailand, Pakistan, Malaysia dan India. Mesin keluarga K series ini terbuat dari aluminium yang ringan dan bekerja lebih efisien Mesin bertaraf global ini bertenaga dan responsif namun tetap hemat bahan bakar.

Pabrik Suzuki saat ini memiliki kapasitas produksi sebanyak 120 ribu per tahun untuk perakitan mobil, 71 ribu unit per tahun (mesin) dan 176 ribu unit per tahun (transmisi).

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi