Damri Akan Tambah Armada Bandara 160 Unit, Ini Kendalanya
Reporter: Bisnis.com
Editor: Eko Ari Wibowo
Selasa, 27 Februari 2018 10:11 WIB
Petugas berjaga di bus Jakarta Airport Connexion tengah menanti penumpang di Terminal 3 Bandara Sukarno Hatta, Tangerang Banten, 30 Mei 2017. Sudah ada 4 operator yang berkomitmen mengoperasikan JA Connexion yaitu Perum Damri, Perum PPD, Blue Bird, dan Sinar Jaya. Tempo/Tony Hartawan
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Perum Damri mengkhawatirkan agen pemegang merek di dalam negeri tidak mampu memenuhi pengadaan bus yang dibutuhkan perusahaan pelat merah itu, mengingat pengalaman tahun lalu.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sekretaris Perusahaan Perum Damri Arifin, mengatakan seperti tahun lalu, sasis yang tersedia di agen pemegang merek (APM) tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan peremajaam armada perusahaan.

“(Pengadaan Pada tahun ini) Enggak yakin dapat sasis sebegitu, 30—50 sasis sudah syukur,” kata Sekretaris Perusahaan Perum Damri Arifin, Senin 26 Februari 2016.

Baca: Pemerintah Terbitkan Regulasi Tarif Angkutan Kapal Barang

Tahun lalu, APM pemenang tender pengadaan bus baru Damri yakni Mercedes-Benz hanya mampu menyediakan 30 unit sasis dari total kebutuhan sebanyak 100 unit.

Pada tahun lalu, ujarnya, Perum Damri menganggarkan dana Rp50 miliar untuk pengadaan 30 unit bus.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pasar bus diisi oleh beberapa merek yakni Hino Diesel, Mercedes Benz Disel, UD Trucks Diesel, dan Scania Diesel. Adapun bus ringan diisi oleh Hino, dan Scania.

Terkait dengan kemungkinan menggunakan kendaraan dari Mercedes kembali, dia menuturkan akan tergantung pada hasil lelang. Menurutnya, ada kajian baik internal maupun akademis dalam menentukan pemenang tender.

BISNIS

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi