Damri Lakukan Uji Kelayakan Armadanya Jelang Lebaran 2024
Reporter: Antara
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 19 Maret 2024 13:00 WIB
Ilustrasi Bus Damri. Istimewa
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Perusahaan Umum (Perum) Damri telah melakukan uji kelayakan pada sejumlah armadanya jelang masa angkutan Lebaran 2024. Ramp check tersebut mereka lakukan sejak 13 sampai dengan 28 Maret 2024.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Informasi tersebut dipaparkan langsung oleh Corporate Secretary Damri Chrystian R.M. Pohan dalam keterangan resminya. Dirinya menjelaskan bahwa uji kelayakan itu dilakukan untuk memastikan kinerja dan kualitas layanan transportasi Damri saat melakukan perjalanan mudik dan arus balik.

"Melalui pelaksanaan ramp check, Damri ingin memastikan bahwa kinerja dan kualitas layanan sudah laik jalan. Hal ini pun dilakukan sebagai bentuk upaya Damri meningkatkan keselamatan dan kewaspadaan dalam berlalu lintas saat pelaksanaan angkutan Lebaran 2024," kata dia, dikutip Gooto dari Antara.

Lebih lanjut dirinya memastikan bahwa pelayanan dan keselamatan menjadi fokus utama dalam inspeksi rutin yang dilakukan Damri jelang Lebaran 2024. Semua aspek mulai dari quality control (QC) dan quality assurance (QA), kata dia, dipastikan dalam kondisi prima.

Pengecekan QC sendiri meliputi sistem penerangan, sistem pengereman, badan kendaraan, perlengkapan keselamatan dan tanggap darurat serta perlengkapan kendaraan. Damri pun memastikan kelengkapan dan masa berlaku seluruh surat-surat kendaraan pada setiap armada yang akan beroperasi.

Sementara QA untuk mengecek kondisi, kelengkapan, kerapihan hingga kebersihan berupa buku panduan doa dan tanggap darurat, seragam pengemudi dan petugas loket, informasi rute bus, intensitas pencahayaan interior, papan identitas pramudi, announcer keselamatan, tanda lokasi APAR, panduan cara penggunaan palu pemecah kaca, informasi nomor telepon darurat, informasi call center Perum Damri, dan tempat sampah.

Lalu ada juga pengharum kendaraan semprot, suhu AC 20-24 celcius, fasilitas charger, lantai kendaraan, dinding interior kendaraan, jendela interior kendaraan, toilet, kondisi tempat duduk, reclining seat, bagasi atas, bagasi bawah, dinding eksterior kendaraan, jendela eksterior kendaraan, stiker fasilitas charging hanya untuk telepon genggam, bantal dan selimut serta ruang tunggu.

Pilihan Editor: Mitsubishi Fuso Targetkan Penjualan 34.850 Unit Tahun Ini

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi