Model Sasis Lama Mercedes Benz Dirancang Ulang untuk Bus AKAP
Reporter: Swa.co.id
Editor: Eko Ari Wibowo
Jumat, 9 Maret 2018 20:16 WIB

GOOTO.COM, Jakarta - Mercedes-Benz seri OF (Omni Front/mesin depan) 1113 sangat populer digunakan jasa angkutan penumpang bus pada era 1970-1990-an. Bus ini sangat legendaris, karena sangat berjaya di mana banyak operator bus seperti PPD dan AKAP (Antar Kota Antar Propinsi) menggunakannya untuk angkutan penumpang. Setelah itu, OF 1113 tak dipasarkan lagi, dan muncul seri OH (Omni Hinten/mesin belakang), mulai dari seri OH 1113, 1518, 1521, 1526, 1626 hingga 1836.

Namun, Mercedes-benz tampaknya ingin mengembalikan kejayaan era OF 1113. Melalui PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia--agen tunggal penjualan kendaraan niaga Mercedes-Benz di Indonesia, Mercedes kembali memperkenalkan chassis bus baru, bus besar bermesin depan OF 1623 di ajang pameran kendaraan komersial Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicles Expo (GIICOMVEC) yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, 1-4 Maret 2018 lalu.

Baca: Mercedes-Benz Ingin Seimbangkan Pasar Sedan dan SUV

Kehadiran chassis bus OF 1623 bertenaga 230 horse power, bermesin depan dengan gross vehicle weight 16 ton ini sejatinya sudah disinggung pada acara Mercedes-Benz Club of Millionaires di Trans Luxury Hotel, Bandung awal Desember 2017. Saat itu di hadapan para anggota klub yang terdiri dari para operator bus, Ralf Kraemer, Direktur Pengelola Commercial Vehicle PT Mercedes-Benz distribution Indonesia, telah memberikan sinyal akan adanya peluncuran bus baru.

OF 1623 mengusung mesin diesel 6.370 cc 6-silinder Mercedes-Benz OM 906 LA Euro 3. Bus ini akan berkompetisi dengan Hino A215, bus mesin depan yang dipasarkan PT Hino Motors Sales Indonesia yang sekarang menjadi favorit para operator bus antarkota jarak menengah.

Menurut Markus Vilinger, Presiden Direktur DCVI, OF 1623 merupakan hasil dari sebuah konsep keselamatan integral secara keseluruhan. Seluruh bus dibuat dengan pengembangan di seluruh bidang yang bertujuan memenuhi harapan keselamatan tertinggi konsumen.

Baca: Ini Target Pasar Mercedes-Benz GLS 400 di Indonesia

Fitur-fitur keselamatan tersebut antara lain adalah fitur pengereman full air brake dengan auto slack adjuster yang membuat pengereman lebih pakem dan pengemudi tidak perlu melakukan setting ulang komponen rem secara berkala. Suspensi per daun (leaf spring) tipe parabolic yang dilengkapi dengan stabilizer yang nyaman serta sasis tipe ladder frame, yang tidak menggunakan kick up frame di bagian axle belakang.

Mercedes-Benz OF 1623 sudah dipasarkan di India, Afrika Selatan dan Amerika Latin. Di India bus ini dikenal dengan nama Bharat-Benz 1623 ini juga digunakan untuk bus antarkota.

SWA


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi