Inilah Jaguar F-Pace Tercepat Mampu Kalahkan Urus
Reporter: Terjemahan
Editor: Eko Ari Wibowo
Jumat, 11 Mei 2018 17:58 WIB

GOOTO.COM, Jakarta - Lister Cars meracik high-performance crossover dengan versi tuned dari Jaguar F-Pace yang kabarnya dinamakan Lightning. Mobil kustom ini disebut-sebut sebagai SUV paling cepat di dunia, klaim yang lebih unggul dari pesaingnya seperti Lamborghini Urus.

Lister Cars tidak memberi detail spesifik tentang SUV yang akan datang ini. Dalam teasernya hanya terlihat garis-garis kuning yang menjuntai di sepanjang bagian samping bodinya. Namun menurut Autocar, pimpinan Lister mengklaim bahwa model berbasis F-Pace-SVR dapat menghasilkan tenaga sebesar 670 horsepower, dan perusahaan ini bermaksud untuk membuat 250 unit.

Baca: SUV Jaguar Bikin Rekor: Punya Tenaga 5 Kali Lipat Ford Fiesta

Versi standar dari SVR F-Pace bertenaga 550 hp dari mesin supercharger V8 5.0 liter. Dapat mencapai 96 kilometer per jam dalam waktu 4,1 detik dan mencapai topspeed 283 kilometer per jam.

Untuk bersaing mendapatkan gelar SUV tercepat sejagat raya, kreasi dari Lister harus melampaui kemampuan Lamborghini Urus mencapai top speed 306 kilometer per jam. Lambo tersebut memiliki tenaga 641 hp, jadi F-Pace dengan tenaga 670 hp mungkin memiliki lebih banyak daya untuk mencapai kecepatan yang sedikit lebih tinggi.

Sementara proyek Lister terhadap SUV ini masih rahasia, perkembangan dari perusahaan ini terhadap coupe Thunder berada dalam posisi yang lebih maju. Jaguar F-Type tuned ini bermesin V8 5.0-liter supercharged dengan tenaga 666 hp yang memungkinkan untuk mencapai topspeed 322 kilometer per jam. Modifikasi lain diantaranya serat karbon di bumper depan dan belakang. Kap karbon juga tersedia untuk coupe tuned ini.

Baca: Jaguar Buatkan Sedan XJ6 Edisi Khusus untuk Drummer Iron Maiden

Lister Cars juga akan membuat supercar baru kelanjutan dari Storm tahun 1993. Rencananya adalah model Storm II ini akan menggunakan mesin 7,8 liter V12 supercharged yang menghasilkan tenaga sebesar 1.000 hp. Model ini akan dibanderol sekitar US$ 2,78 juta per mobil dan hanya akan diproduksi sebanyak 6 unit per tahunnya.

MOTOR1 | RYAN DWIKY ANGGRIAWAN


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi