Jaguar Mulai Juni 2024 Hanya Fokus Produksi Mobil Listrik
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 6 Maret 2024 08:00 WIB
Charger mobil listrik Jaguar Land Rover. (Foto: Jaguar)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Jaguar mengonfirmasi akan menghentikan produksi mobil bermesin bensinnya mulai Juni 2024. Langkah ini sebagai bentuk transisi Jaguar ke era elektrifikasi dan bertujuan agar perusahaan berfokus di penjualan mobil listriknya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Sebagian besar produk kami dihentikan produksinya pada bulan Juni, namun akan dijual dalam waktu yang lebih lama," kata Presiden dan CEO Jaguar Land Rover Amerika Utara Joe Eberhardt, dikutip dari laman Carscoops hari ini, Rabu, 6 Maret 2024.

Jaguar telah mempersiapkan transisi mobil listrik selama tiga tahun terakhir. Di Amerika Serikat, jajaran produknya saat ini mencakup XF, E-Pace, F-Pace, F-Type, dan I-Pace. Jajaran mobil saat ini akan dihentikan sebelum beralih ke elektrifikasi.

"Kami akan memiliki jadwal produksi yang memungkinkan untuk memiliki pasokan kendaraan secara terus-menerus hingga mobil baru datang. Kami mencoba mengatur waktunya sehingga memiliki volume yang cukup untuk membawa kami ke peluncuran produk baru dan mendapatkan hasil yang bersih," ujar Eberhardt.

Platform mobil listrik Jaguar Land Rover. (Foto: Jaguar)

Dia belum bisa memastikan apakah model yang ada saat ini akan dijual dalam waktu cepat atau justru butuh waktu yang lebih lama. Namun, rencana menghentikan produksi model saat ini sudah hampir dipastikan terjadi.

Saat beralih ke elektrifikasi, Jaguar mengakui bahwa mereka akan menjual lebih sedikit kendaraan dibandingkan sebelumnya. Pada 2017, Jaguar menjual hampir 180.000 mobil secara global dan untuk tiga mobil listriknya, kemungkinan hanya akan dijual sebanyak 50.000 unit saja.

Tiga mobil listrik Jaguar didukung oleh platform Jaguar Electric Architecture (JEA) dan dimulai dengan GT empat kursi yang akan diluncurkan tahun ini sebelum memasuki pasar pada 2025. Model baru ini akan menjadi mobil Jaguar yang paling bertenaga yang pernah ada dan memiliki jangkauan hingga 692 km.

Sementara, mobil listrik kedua berbasis JEA dijadwalkan tiba pada akhir tahun 2024. Kemudian, mobil listrik ketiganya akan debut pada tahun 2026.

DICKY KURNIAWAN | CARSCOOPS

Pilihan Editor: Jaguar Land Rover Siapkan Dana Besar Hadapi Era Kendaraan Listrik

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi