11 Persiapan yang Dilakukan Sebelum Mudik Pakai Mobil
Reporter: Wisnu Andebar
Editor: Eko Ari Wibowo
Rabu, 30 Mei 2018 19:41 WIB
Ilustrasi mudik. Shutterstock
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Mudik 2018 sudah dekat, kondisi mobil harus dipersiapkan secara matang agar perjalanan tidak terganggu akibat timbulnya masalah karena kurang teliti dalam memeriksa mobil. Untuk itu diperlukan ketelatenan dalam mempersiapkan kendaraan sebelum mudik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Indra Nugraha, Retail Division Head Astra Otoparts-Shop&Drive mengatakan bahwa sangat penting untuk memeriksa kondisi kendaraan sebelum mudik. Hal ini tidak bisa dianggap sepele dan diabaikan begitu saja. Terdapat beberapa bagian dalam mobil yang penting untuk diperhatikan dan diperiksa terlebih dahulu sebelum hendak melakukan perjalanan jauh.

Ia melanjutkan, Shop&Drive memiliki layanan kualitas Astra yang menerapkan 11 poin pemeriksaan. Bertujuan membantu dan memudahkan pemudik untuk memeriksa kendaraan sebelum melakukan perjalanan jauh.

Baca: Ban Mobil Juga Perlu Dirawat Sebelum Mudik, Ini Langkahnya

Pertama, perhatikan oli mesin, transmisi dan gardan. Mobil yang digunakan pada saat mudik harus selalu menggunakan oli dengan kondisi baik. Oli mesin, transmisi, maupun gardan tidak bisa diabaikan dalam pengecekan. Mengecek hingga mengganti oli mobil sebelum melakukan perjalanan mudik adalah salah satu cara untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kedua, periksa kelistrikan dan air aki. Hal ini sangat penting untuk dilakukan pengecekan sebelum melakukan perjalanan mudik. Jangan sampai terdapat kebocoran arus yang dapat membuat aki tidak dapat menyimpan listrik dalam waktu yang lama.

Ketiga, bersihkan filter udara. Filter udara penting untuk dibersihkan untuk mencegah tarikan mesin berkurang, bahan bakar lebih boros, suara mesin kasar, dan mesin ngadat.

Keempat, tambah tekanan angin. Menambahkan angin dapat mencegah ban pecah secara tiba-tiba di tengah perjalanan mudik. Membuat jarak pengereman yang lebih baik, menciptakan kestabilan mengemudi pada kecepatan tinggi dan tikungan. Serta daya tahan ban yang lebih baik, dan juga lebih menghemat bahan bakar. 

Kelima, periksa air radiator. Peran air radiator sangat vital terhadap sistem pendinginan mesin untuk menjaga komponen radiator agar tidak kekurangan air.  Yang bertujuan untuk mencegah mesin panas atau overheating.

Baca: Cara Berkendara Irit Bahan Bakar Saat Musim Mudik

Keenam, periksa Kondisi wiper blade. Wiper butuh pengecekan rutin melihat fungsinya yang sangat penting untuk membersihkan kaca mobil. sehingga segala kotoran yang menempel tidak menganggu pengemudi ketika melakukan perjalanan mudik.

Ketujuh, perhatikan shock absorber. Shock absorber merupakan komponen pada kendaraan yang berfungsi untuk menyerap guncangan yang timbul saat kendaraan melewati gundukan atau lubang. terlebih lagi di jalanan yang tidak bisa diduga pada perjalanan mudik. Maka, perlu dilakukan pengecekan agar pengemudi selalu merasa nyaman dan terhindar dari bahaya.

Kedelapan, periksa minyak rem dan minyak kopling. Rem merupakan hal yang vital selama berkendara, perlu dilakukan pengecekan terutama pada minyak rem. Minyak rem yang kotor dapat menurunkan fungsi kerja rem. Selain itu, minyak kopling jangan diabaikan, apabila minyak kopling bocor, mobil  tidak akan memiliki tekanan yang cukup untuk mengaplikasikan kopling dan memindahkan gigi transmisi.

Kesembilan, periksa filter oli dan AC. Filter oli berfungsi untuk menyaring kotoran, lakukan pengecekan sebelum melakukan perjalanan mudik. Agar perlindungan oli terhadap mesin bekerja maksimal dan membuat mesin terawat. Kemudian, filter AC juga wajib diperiksa agar dapat menyaring udara kotor yang dapat menimbulkan penyakit dalam jangka panjang.

Baca: Ban Mobil Juga Perlu Dirawat Sebelum Mudik, Ini Langkahnya

Kesepuluh, perhatikan sistem penerangan dan lampu. Cek kondisi lampu mobil apakah masih layak digunakan atau tidak. Meski terlihat sepele, lampu utama maupun lampu sein memiliki arti penting di perjalanan. Periksa kembali sistem kelistrikannya, terutama sambungan kabel dan kondisi kabel, serta bohlamnya.

Kesebelas, semir ban. Dengan menyemir ban mobil secara rutin, akan membantu membersihkan ban dari kotoran yang membandel. Membuat ban tampak seperti baru sesuai warna karet ban asli, dan tentu saja dapat memberikan perawatan agar ban tetap terjaga elastisitasnya. Sehingga perjalanan mudik akan terasa lebih nyaman dengan ban yang terawat.

Jika sudah melakukan 11 poin pemeriksaan tersebut dan kondisi mobil sudah baik. Jangan melupakan hal penting lainnya seperti surat-surat penting yang dibutuhkan ketika berkendara. Kelengkapan alat untuk saat-saat emergency, seperti P3K. Sehingga Mudik berjalan lancar dan menjadi momen membahagiakan bersama orang tersayang saat lebaran.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi