Mobil Pintar Toyota Concept-I Bakal Mejeng di GIIAS 2018
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Kamis, 19 Juli 2018 09:45 WIB
Toyota Concept-I saat debut di Tokyo Motor Show, Jepang, 25 Oktober 2017. TEMPO/Wawan Priyanto.
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - PT Toyota Astra Motor berjanji akan memamerkan banyak mobil konsep ke pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2018 pada 2 Agustus mendatang di ICE BSD City, Tangerang.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Perwakilan Toyota yang menyampaikan presentasi pada konferensi pers ketiga GIIAS 2018 tidak menyebut secara spesifik tentang mobil konsep yang akan didatangkan, namun disampaikan bahwa mobil konsep tersebut terdiri dari beberapa model sekaligus.

Jika merujuk pada pernyataan itu, model yang dimaksud adalah Toyota Concept I, bintang pameran otomotif Tokyo Motor Show 2017. Mobil konsep ini memang bukan hanya satu model, tapi tiga model sekaligus yakni Concept I, I-Ride, dan I-Walk.

Baca: Toyota Concept-i Ini Mampu Mengenali Mood Pengemudi

Toyota Concept-I Series merupakan sebuah mobil konsep yang membangun konektivitas antara manusia dengan mobil itu sendiri. Mobil ini dikenal dengan sebutan ‘aisha’,  yang dilengkapi artificial intelligence (kecerdasan buatan).

Project General Manager Toyota Motor Corporation untuk pengembangan Concept-i Series Makoto Okabe mengatakan bahwa mobil konsep masa depan Toyota ini tidak hanya memiliki desain futuristik seperti mobil-mobil konsep pada umumnya. Tapi mobil konsep ini diklaim Toyota sebagai mobil masa depan yang mampu mendeteksi emosi pengemudi.

Caranya, melalui kamera yang terpasang pada dashboard Concept-i mampu membaca mimik muka atau bahasa tubuh pengemudi. "Concept-i ini mampu mengetahui mood pengemudi itu apakah sedang bahagia, sedih, atau kelelahan,” kata Okabe kepada sejumlah jurnalis dari berbagai negara dalam presentasi produk di Happo-en, Tokyo, Jepang, Selasa, 24 Oktober 2017.

Baca: Toyota Concept-i Series Debut di Tokyo Motor Show 2017

Seolah mengerti dengan emosi pengemudi, mobil akan otomatis mengarahkan pengemudi ke kondisi yang lebih baik lagi. Atau bahasa yang lebih mudah dipahami adalah, mobil ini akan mengembalikan kondisi atau mood pengemudi menjadi lebih baik lagi sehingga meminimalisasi kecelakaan. 

Meter cluster tak lagi tampak seperti pada dashboard mobil konvensional. Tapi dialihkan ke layar kaca, persis di depan mata dengan pandangan lurus ke depan. Desain dalam interior juga dibuat sedemikian rupa sehingga meninggalkan estetika mobil konvensional pada umumnya. “Mobil ini juga mengedepankan pengalaman ‘fun to drive’,” ujarnya.

Lantas, bagaimana dengan Toyota Concept-i Walk dan Concept-i RIDE? Simak ulasan selanjutnya di Tempo.co dan Gooto.com juga update terbaru tentang GIIAS 2018

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi