Mobil Konsep Toyota untuk Pengguna Kursi Roda Hadir di GIIAS 2018
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Kamis, 19 Juli 2018 16:12 WIB

GOOTO.COM, Jakarta - PT Toyota Astra Motor akan memboyong banyak mobil konsep ke pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2018 pada 2 Agustus mendatang di ICE BSD City, Tangerang.

Dari presentasi booth yang disampaikan TAM pada saat konferensi pers GIIAS di Jakarta beberapa waktu lalu, mobil konsep yang akan diboyong ke GIIAS 2018 merupakan salah satu bintang pada pameran otomotif Tokyo Motor Show pada Oktober 2017 yakni Toyota Concept-I.

Baca: Toyota Concept-i RIDE Sahabat Pengguna Kursi Roda

Mobil konsep ini terdiri dari tiga model, yakni Toyota Concept-I, Concept-I RIDE, dan Concept-I Walk. Nah, Concept-I RIDE diklaim sebagai mobil yang bersahabat dengan pengguna kursi roda.

Mobil ini memiliki desain kompak, berlantai rendah dengan atap tinggi. Dimensinya cukup mungil dengan panjang 2.500 mm, tinggi 1.500 mm, dan lebar 1.300 mm.

Meski demikian, Concept-i RIDE memiliki kabin yang lapang. Kursi dapat diatur maju mundur secara fleksibel. Pintu model gullwing memudahkan penumpang untuk masuk maupun keluar. Menariknya, desain pintu gullwing atau model sayap yang terbuka ke atas ini dapat dimanfaatkan pengguna kursi roda untuk memasukkan maupun mengeluarkan kursi roda dari dalam mobil.

Simak video Toyota Concept-i RIDE:

Caranya sangat mudah, begitu pengguna kursi roda masuk ke dalam kabin, mereka akan menarik tali pada sisi luar kursi roda dan mengaitkannya pada pintu gullwing. Pintu gullwing akan naik ke atas sehingga kursi roda ikut terangkat. Saat inilah, pengguna akan menarik kursi roda ke dalam kabin dan meletakkannya pada tempat yang telah disiapkan untuk kursi roda.

Baca: GIIAS 2018: Mobil Pintar Toyota Concept-I Series Dipamerkan?

Project Manager Toyota Motor Corporation Nobuyuki Shimada mengatakan bahwa Concept-i RIDE memang didesain ramah untuk pengguna kursi roda. “Mobil konsep ini bukan hanya sekadar sebuah kendaraan, tapi sebagai sahabat bagi pengguna kursi roda,” kata Shimada dalam sebuah presentasi di Tokyo, 24 Oktober 2017.

Menurut Shimada, pengguna dapat dengan mudah mengoperasikan mobil ini dengan sebuah joystik. Joystik ini juga menggantikan peran pedal gas, rem, serta setir.

Semoga pengunjung pameran otomotif GIIAS 2018 nanti diberi kesempatan untuk lebih dengan Toyota Concept-i RIDE, terutama tentang cara kerjanya.

Simak berita-berita terkini seputar otomotif di Tempo.co dan Gooto.com.


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi