Tips Membedakan Onderdil Sepeda Motor Asli dan Palsu
Reporter: Wisnu Andebar
Editor: Eko Ari Wibowo
Minggu, 28 Oktober 2018 13:35 WIB
Kepolisian Resor Magetan menyita ribuan onderdil sepeda motor yang diduga palsu dari rumah dua tersangka, Jumat (9/7). TEMPO/ISHOMUDDIN
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta -  Memakai onderdil sepeda motor yang asli atau original memiliki keuntungan tersendiri, diantaranya lebih awet dari onderdil imitasi. Lalu bagaimana caranya mendeteksi atau membedakan produk yang asli dan imitasi?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kepala Mekanik Ahass Putera Merdeka Cibubur, Anvany Irawan mengatakan, untuk membedakan part yang asli atau imitasi, pertama dengan cara melihat bagian cover atau kemasan dari part tersebut.

Baca: Ingin Ganti Suku Cadang? Cermati Beberapa Hal Ini

“Kalau part original tentunya ada hologram yang menyatu dengan barcode pada bagian kemasan, selain itu kemasan juga rapi. Sedangkan produk imitasi tidak ada hologram. Meskipun terkadang memang dari bentuk kemasan sangat mirip,” ujarnya kepada Tempo di Cibubur pada Sabtu, 27 Oktober 2018.

Kedua, lanjut dia, harga part imitasi jauh lebih miring. Misalnya harga kampas rem produk imitasi cukup dibanderol Rp 40 ribu. Kalau yang asli bisa mencapai Rp 70 ribu.

Ia mencontohkan, misalnya untuk kampas rem, part original memiliki lem aluminium dengan bantalan yang lebih rapi. “Sedangkan kampas rem imitasi itu lemnya tidak rapi,” katanya.

Baca: Ini Tips Membedakan Onderdil Asli dan Palsu

Ketiga, ia menjamin, produk asli dua kali lebih awet dibandingkan imitasi. “meskipun lebih mahal tapi tidak akan kecewa dalam penggunaannya part asli dua kali lebih awet dari barang imitasi,” kata Anvany.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi