Tips Merawat Helm Setelah Dipakai Kehujanan
Reporter: Tempo.co
Editor: Eko Ari Wibowo
Jumat, 2 November 2018 18:22 WIB
Perawatan helm di Bengkel Helm.
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Saat musim hujan, para biker kerepotan dengan kondisi helm yang basah. Yulias Vega, salah satu teknisi Bengkel Helm yang menangani perawatan helm, mengatakan helm yang kehujanan jangan dijemur di bawah terik matahari. Sebab, kata dia, hal tersebut bisa merusak lapisan styrofoam helm yang menjadi pelindung kepala. "Jika kena panas, maka styrofoam tersebut bisa rusak dan hilang kelenturannya," kata Yulias dalam ajang Indonesia Motorcycle Show 2018, Jumat, 2 November.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Baca: IMOS 2018 Diramaikan dengan SPG Cantik, Simak Penghasilannya

Menurutnya, proses pengeringan yang benar adalah menggunakan kipas angin. Hal ini untuk menghilangkan kelembapan dari helm. Tak hanya itu, helm juga sebaiknya diletakkan terbalik setelah digunakan. "Itu untuk membuang panas yang bisa merusak helm," ucapnya.

Yulias juga mengungkapkan helm sebaiknya dipakai tidak lebih dari 5 tahun. Hal itu mengingat helm memiliki masa kemampuan atau kelenturan. "Bahkan untuk helm yang dipakai tempur tiap hari bisa lebih cepat hanya 2 tahun," ujarnya.

Baca: Motor Bebek Retro Ini Pesaing Honda Super Cub 125

Yulias menambahkan, kelenturan styrofoam helm yang telah jatuh juga mengalami kerusakan. Meskipun bagian luar juga merupakan pelindung, ia melanjutkan, sebenarnya bagian styrofoamadalah pelindung utama kepala ketika terjadi benturan. "Sebaiknya setelah jatuh sekali ganti saja. Karena kalau jatuh, misalnya, berat 10 kilogram akan mendapat tekanan lebih dari 10 kilogram," tuturnya.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi