IMOS 2018 Diramaikan dengan SPG Cantik, Simak Penghasilannya
Reporter: Antara
Editor: Eko Ari Wibowo
Jumat, 2 November 2018 08:05 WIB
Seorang model berpose di sebuat stan pameran Indonesia Motorcycle Show atau IMOS 2018 di JCC, Jakarta, Rabu, 31 Oktober 2018. Pameran motor terbesar ini diramaikan oleh 60 merek otomotif. TEMPO/Tony Hartawan
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Sales Promotion Girl atau SPG yang menjalani pekerjaannya di ajang Indonesia Motorcycle Show atau IMOS 2018 bisa memperoleh penghasilan hingga Rp 1 juta per hari. "Di sini sehari bisa dapat sampai Rp1 juta," ucap Nungky, seorang SPG yang menjaga stan produk pelumas kepada Antara di Jakarta Convention Center, Jakarta, Kamis 1 November 2018.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dia mengatakan nominal sebanyak itu tidak berlaku merata terhadap semua SPG yang bertugas di IMOS. Besaran bayaran per hari ditentukan oleh lamanya waktu bekerja. Biasanya, jam kerja seorang SPG dihitung berdasarkan shift. Ada SPG yang bekerja dengan shift selama enam jam, tetapi ada pula SPG yang mengambil shift dalam durasi panjang.

Baca: Honda CBR 250 RR Diskon Rp 5,5 Juta di IMOS 2018, Simak Syaratnya

SPG yang memilih untuk bekerja dalam shift panjang akan mendapat bayaran yang lebih besar. "Kalau saya ambil yang long shift, itu sekitar 10 jam sehari. Saya dapatnya lebih dari Rp 1 juta," ucap perempuan 27 tahun itu.

Dalam satu bulan, Nungky mengaku mampu meraup pundi-pundi uang hingga belasan rupiah, dengan catatan dirinya bisa mendapatkan pekerjaan hingga 4 sampai 5 hari tiap minggunya.

Model berfoto di samping motor terbaru keluaran Suzuki yang dipamerkan pada Indonesia Motorcycle Show atau IMOS 2018 di Jakarta Convention Centre, Jakarta, Rabu, 31 Oktober 2018. Pameran ini menghadirkan motor-motor keluaran baru dari berbagai merek. ANTARA/Muhammad Iqbal

Lain halnya dengan Olivia. Perempuan yang lebih senang disebut sebagai usher ketimbang SPG ini mendapatkan bayaran sebesar Rp4 juta selama penyelenggaraan IMOS 2018 yang berlangsung selama 5 hari, terhitung mulai 31 Oktober hingga 4 November 2018. Perempuan asal Batam yang baru saja lulus dari bangku perkuliahan itu memilih shift bekerja selama enam jam sebagai seorang usher untuk produk sepeda motor asal Jepang.

SPG dan usher merupakan dua pekerjaan yang serupa tetapi tak sama. Seorang SPG selain menjaga stan juga dituntut untuk melakukan promosi sekaligus menawarkan produk kepada pembeli.

Model berpose dengan sepeda motor yang dipamerkan di Indonesia Motorcycle Show pada IMOS 2018 di JCC, Jakarta, Rabu, 31 Oktober 2018. Pameran ini dibuka hingga 4 November 2018. TEMPO/Tony Hartawan

Sedangkan usher hanya bertugas sebagai "pemanis" produk dan stan, tanpa memiliki kewajiban untuk menjajakan produk secara langsung. "Jadi saya memang lebih banyak berdiri di dekat produk. Nanti kalau ada customer yang tanya, baru saya jelaskan," kata dia.

Baca: Bagasi Yamaha FreeGo Lebih Luas Dibanding Yamaha Nmax

Baik SPG maupun usher biasanya akan memperoleh pembekalan terlebih dahulu terkait produk yang akan mereka tawarkan. Kegiatan itu menjadi salah satu momen yang paling ditunggu baik oleh Nungky maupun Olivia, bahkan mungkin bagi para SPG ataupun usher yang lain.

"Saya jadi tahu banyak tentang produk yang saya jual. Itu kan menambah wawasan juga. Seperti sekarang saya jadi SPG pelumas, sedikit banyak saya jadi tahu pelumas yang bagus yang seperti apa," ujar Nungky.

ANTARA

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi