Motor Jawa Mengaspal di India, Harga Bersaing dari Royal Enfield
Reporter: Terjemahan
Editor: Eko Ari Wibowo
Kamis, 15 November 2018 17:00 WIB

GOOTO.COM, JakartaJawa Motorcycles kembali berkiprah dalam bisnis, 22 tahun setelah tidak lagi produksi. Motor Jawa meluncurkan produk baru Jawa 45 berkapasitas 300cc dengan harga Rs 1,55 lakh atau sekitar Rp 31 juta. Ada tiga model yang dipasarkan yaitu, Jawa, Jawa 42 dan Jawa Perak.

Tidak mengherankan, sepeda motor Jawa modern pertama disebut Jawa, untuk memberi penghormatan kepada sepeda motor Jawa pertama, yang disebut Jawa juga. Perusahaan ini juga memamerkan dua sepeda motor Jawa lainnya yaitu Jawa 42 dan motor kustom bawaan pabrikan yang disebut Jawa Perak. Jawa Perak akan diluncurkan di India di kemudian hari. Jawa adalah motor cruiser bergaya retro 300 cc, yang bertarung dengan Royal Enfield Classic 350. Jawa 300 akan membawa Anda bernostalgia dan merasakan motor tahun 1970-1980-an.

Baca: Royal Enfield Resmi Jual 650 Twin di India, Harga Kompetitif

Merek Jawa telah dihidupkan kembali oleh Classic Legends Pvt. Ltd., anak perusahaan dari Mahindra Group, yang memiliki 60 persen saham. Sisa kepemilikan milik pengusaha Anupam Thareja dan Boman Irani, putra Rustom Irani, pendiri Ideal Jawa.

Spyshoot Motor Jawa 300. Sumber: auto.ndtv.com

Jawa 300 tidak seperti yang asli, yang satu ini menawarkan build yang lebih baik, lebih banyak tenaga dan jarak jok ke tanah lebih rendah. Headlamp bundar, spatbor, dan tangki bahan bakar bulat, semuanya terlihat seperti motor klasik, sementara detail kecil termasuk pelindung rantai, tempat duduk, menambah tampilan jadul.

Motor ini menggunakan mesin 293 cc satu silinder, berpendingin cairan yang menghasilkan tenaga 27 bhp dan torsi 28 Nm. Motor ini dipasangkan dengan gearbox 6-percepatan. Mesin di Jawa akan dipasang catalytic convertor ke depannya mengikuti aturan standar emisi. Motor ini menggunakan garpu teleskopik di depan dan peredam kejut kembar bermuatan gas di bagian belakang.

Baca: Ingin Modifikasi Motor Street Tracker Ala Jokowi? Simak Ubahannya

Jawa 300 menggunakan rem cakram 280 mm di depan dan rem teromol dengan ukuran 153 mm di bagian belakang. Motor ini memiliki berat 170 kilogram dan tinggi jok adalah 765 mm, yang merupakan salah satu yang terendah di kelasnya. Jawa memiliki wheelbase 1,369 mm dan kapasitas tangki bahan bakar 14 liter. Jawa mendapat 3 warna yaitu Black, Gray dan Maroon sedangkan Jawa 42 akan memiliki enam warna yaitu Halley 'Teal, Galactic Green, Starlight Blue Lumos Lime, Nebula Blue dan Comet Red.

CAR AND BIKE


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi