Modifikasi Lampu Motor Pakai Proyektor LED OEM Vs HID
Reporter: Wisnu Andebar
Editor: Wawan Priyanto
Selasa, 18 Desember 2018 18:56 WIB
Supriyanto, pemilik bengkel Abdigas Motor sedang mengerjakan Proyektor LED OEM Mitsubishi Pajero Sport Dakar yang dipasangkan ke Headlamp Yamaha Nmax. TEMPO/Wisnu Andebar
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Bekasi - Kelebihan modifikasi lampu motor menggunakan proyektor LED OEM atau copotan dari proyektor mobil adalah selain terang juga punya cut-off atau garis pembatas terang agar tidak menyoroti pengendara lain. Sehingga cahaya tidak menyebar kemana mana.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Selama garis terang itu tidak mengenai mata pengendara lawan arah itu tidak akan silau. Intinya kualitas hampir sama dengan lampu bawaan mobilnya,” ujar pemilik bengkel Abdigas Motor, Supriyanto, kepada Tempo di Bekasi pada Senin, 17 Desember 2018.

Baca:Modif Lampu Yamaha Nmax Pakai Proyektor Toyota Fortuner, Harga? 

Berbeda dengan HID yang membuat silau serta umur yang lebih pendek, lebih banyak maintenance, dan umur aki berkurang. “Umur aki lebih pendek dan juga lebih banyak maintenance. Kalau proyektor LED OEM aman dan pasti barang lebih awet hingga 5 tahun bebas maintenance,” katanya.

Meski begitu, HID juga punya kelebihan jika ingin upgrade dibuat semakin terang cukup ganti ballast dan bohlam, tapi konsekuensinya partnya akan semakin cepat rusak seperti mangkuk, bohlam, dan ballast.

Baca: Alasan Modif Lampu Proyektor LED Lebih Awet Dibanding HID

Soal harga, Abdigas Motor membanderol proyektor LED OEM Toyota Fortuner VRZ lebih mahal yakni Rp 2,65 juta. Ini sudah paket yang termasuk eagle eye, electric leveling, dan retro fit sudah full plastik. Sedangkan proyektor HID kualitas bagus dengan paket yang sama dibanderol sekitar Rp 2 juta sudah dengan jasa pasang.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi