Penjualan Isuzu Turun Tergerus Ketatnya Kompetisi MPV Medium
Reporter: Wawan Priyanto
Editor: Eko Ari Wibowo
Kamis, 24 Januari 2019 11:44 WIB
Petinggi Isuzu memperkenalkan truk terbarunya. TEMPO/Wawan Priyanto
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Penjualan retail Isuzu Panther sepanjang 2018 hanya 950 unit. Angka ini turun 17,2 persen dibanding penjulan 2017 sebanyak 1.147 unit.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Direktur Marketing LCV PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Joen Budi Putra mengatakan bahwa tren Isuzu Panther dalam beberapa tahun terakhir menurun.

"Penurunan ini disebabkan karena persingan di segmen MPV medium yang cukup ketat," kata Budi di sela-sela peluncuran Isuzu Giga terbaru di Senayan, Jakarta, 24 Januari 2019.

Baca: Penjualan Isuzu 2018 Tumbuh 26,9 Persen, Elf Terlaris 

Meski demikian, Budi mengklaim Isuzu Panther masih diminati konsumen setianya. Rata-rata merupakan pengguna lama Isuzu Panther.

Tahun ini, lanjut Budi, perusahaan menurunkan target penjualan Isuzu Panther dari 2.078 unit (gabungan bersama Isuzu Panther pikap) menjadi 1.700 unit.

Budi mengklaim pasar Isuzu Panther jenis pikap masih cukup baik karena konsumen sudah memahami kandalannya. "Kami banyak berbicara dengan konsumen. Rata-rata menyebut Panther bisa diandalkan, bertenaga, murah perawatannya, dan sebagainya," katanya.

Isuzu Indonesia, lanjut Budi, belum memiliki rencana untuk masa depan Isuzu Panther. Posisi mobil yang mengisi segmen MPV medium bersama Toyota Kijang Innova itu masih 'ditahan'. "Kami akan menunggu langkah pengembangan selanjutnya bersama mitra kami di Jepang," ujarnya.

Budi menyebut produksi Isuzu Panther tergantung pada penerapan regulasi terkait standar emisi gas buang (Euro 4 dan Low Carbon Emission Vehicle).

Baca: Harga Mobil Bekas Murah dari Pasaran, Ini yang Harus Diperiksa

Budi mengatakan bahwa Isuzu Panther yang selama ini hanya diproduksi di Indonesia bisa saja dialihkan ke negara lain. "Nanti di bulan April 2019 akan ada titik terang tentang masa depan Isuzu Panther," ujarnya.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi