Hankook Perkenalkan Teknologi Ban yang Mampu Mengubah Bentuk
Reporter: Wisnu Andebar
Editor: Eko Ari Wibowo
Kamis, 24 Januari 2019 17:30 WIB
Ban Hankook. swa.co.id

TEMPO.CO, Jakarta - Produsen ban asal Korea, Hankook Tire memperkenalkan teknologi ban yang disebut Transforming Tire sebagai proyek keempat dari The Next Driving Lab yang menunjukkan komitmen inovatif Hankook Tire dalam pola berkendara masa depan.

Ban ini mampu mengubah bentuk untuk menyesuaikan dengan berbagai kondisi jalan. Proyek ini dimulai dengan mendobrak stereotipe bentuk ban yang tidak pernah berubah semenjak awal mula penemuan ban. Hingga kini, ban hanya dirancang untuk memungkinkan variasi pada rasio tapak dan kerataan (rasio tinggi dan lebar ban) untuk mengukur performa yang menyesuaikan permukaan jalan, perubahan iklim, dan pengoperasian, namun tetap sesuai dengan bentuk lingkaran aslinya.

Baca: Hankook Luncurkan Ban Ventus V2 Concept2, Apa Itu?

Dalam hal itu, Hankook Tire berkolaborasi dengan Lab BioRobotics milik Profesor Kyu-Jin Cho dari Departemen Teknik Mekanis dan Kedirgantaraan, Seoul National University yang menjadi juara 1 ajang RoboSoft Grand Challenge 2016, untuk mengembangkan ban variable-type yang mampu mengubah bentuknya sehingga memberikan pengalaman berkendara masa depan yang stabil dalam kecepatan tinggi pada berbagai permukaan jalan.

Proyek The Next Driving Lab adalah sebuah kampanye yang menantang dan inovatif dengan slogan, Who Creates the Driving?. Proyek ini memperkenalkan Digital Creative Car sebagai proyek pertamanya pada tahun 2013 di pusat kota Seoul. Tahun 2014, Mind Reading Tire, sebuah ban yang dikendalikan gelombang otak manusia juga dipamerkan sebagai proyek kedua. Di tahun 2015 ada Ball Pin Tire, yaitu ban yang mampu berputar 360 derajat juga ditunjukkan sebagai proyek ketiga.

“Transforming Tire diawali dengan pertanyaan mengapa sebuah ban harus mempertahankan satu bentuk? Kampanye The Next Driving Lab kami yang sukses akan menjadi kesempatan baik untuk menunjukkan DNA inovatif Hankook Tire yang senantiasa mendobrak batasan-batasan dalam ban,” kata Senior Vice President Hankook Tire Marketing Division, Seungbin Lim dalam siaran pers Rabu, 23 Januari 2019.

Ia menambahkan, Hankook Tire akan terus menunjukkan semangat otentik dan inovasi merek dengan merilis beragam produk baru dan eksperimental bagi konsumen.

Baca: 92 Produksi Ban Hankook Diekspor ke Timur Tengah dan Amerika

The Next Driving Lab diluncurkan di tahun 2013 dengan memperlihatkan Digital Creative Car karya Hankook Tire di jalanan pusat kota Seoul, Korea. Proyek selanjutnya adalah karya hebat Mind Reading Tire yang merupakan ban yang dikendalikan oleh gelombang otak manusia.

Proyek ketiga yang diumumkan adalah Ball Pin Tire yang mampu berputar 360 derajat. Video kampanye Transforming Tire dapat dilihat di website Hankook Tire www.hankooktire.com atau channel resmi YouTube Hankook Tire www.youtube.com/user/hankooktirekorea1.

 

 
#Hankook

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi