Ban Hankook iON evo Jadi Andalan Porche Taycan
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 29 Mei 2024 18:00 WIB
Ban mobil Hankook iON ev di Porsche Taycan. (Foto: Hankook)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaProdusen ban asal Korea yakni Hankook mengabarkan telah memiliki ban mobil listrik untuk musim panas dan sudah bersertifikasi ISCC PLUS (ISCC = International Sustainability & Carbon Certification) untuk Hankook iON evo.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ban baru ini berasal dari ban Hankook iON Race, yang telah digunakan secara eksklusif pada kendaraan yang berkompetisi di Kejuaraan Dunia Formula E ABB FIA sejak tahun 2023 dan terdiri dari 45 persen bahan baku ramah lingkungan. 

Hankook iON evo baru adalah perlengkapan asli untuk mobil sport listrik Porsche Taycan yang diperbarui. Ini adalah ban pertama dalam rangkaian perlengkapan asli pabrikan kendaraan premium dengan sertifikasi bergengsi ini.

“Hankook iON evo yang bersertifikasi ISCC PLUS mewakili puncak ambisi kami untuk memproduksi ban yang benar-benar lebih ramah lingkungan,” kata Klaus Krause, Vice President and Head of Europe Technical Center at Hankook. 

Klaus Krause menambahkan bahwa Hankook juga sangat bangga bahwa pabrik produksi Eropa tepatnya di Hongaria, tempat Hankook iON evo diproduksi, menjadi pabrik Hankook kedua di seluruh dunia yang menerima sertifikasi ISCC PLUS yang diidamkan. 

Fakta bahwa Porsche telah memilih iON evo sebagai perlengkapan asli untuk Porsche Taycan terbaru tentu saja merupakan kepercayaan besar bagi Hankook. 

“Berkat teknologi kami yang telah terbukti dalam dunia motorsport, ban Hankook dengan peningkatan keberlanjutan dan optimalisasi rolling resistance memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan jangkauan mobil sport listrik performa tinggi,” kata Klaus Krause.

Bahan terbarukan dan daur ulang

Meskipun terdapat 45 persen bahan ramah lingkungan yang tinggi, para pengembang di Hankook berhasil meningkatkan keberlanjutan iON evo tanpa harus mengorbankan keselamatan dan kinerja ban. Para insinyur menggunakan bahan terbarukan dan daur ulang yang sesuai dengan kekuatan, fleksibilitas dan daya tahan komponen ban konvensional. 

Hal ini termasuk silika berbasis bio dari limbah biji-bijian, kabel tekstil PET daur ulang dari sampah plastik, karet sintetis bio-circular dari bahan baku bio-circular, karbon hitam daur ulang dari ban bekas, dan bahkan resin alami. 

Tim Hankook yang bertanggung jawab atas pengembangan ban juga dapat memanfaatkan pengetahuan yang diperoleh dari Formula E, di mana ban balap dengan persentase bahan ramah lingkungan yang tinggi – iON Race – digunakan.

iON evo di Porsche Taycan Terbaru

iON evo baru dengan logo ISCC PLUS di dinding sampingnya memulai debutnya sebagai perlengkapan asli untuk Porsche Taycan dalam dimensi 245/40 R21Y XL (FA) dan 285/35 R21Y XL (RA). Seperti ban lain di keluarga iON, pengembangan lanjutan ini menggunakan campuran tapak dengan oli nabati. Hal ini tidak hanya membuat tapak lebih awet secara keseluruhan, namun juga berdampak positif pada daya tahan. 

Untuk menopang terutama saat berkendara dinamis atau perubahan jalur mendadak, para insinyur Hankook juga menggunakan material yang diperkuat untuk meningkatkan kekakuan lateral. Para insinyur juga mendapat manfaat dari pengetahuan yang diperoleh dalam proses homologasi sebelumnya untuk pabrikan premium.

Jangkauan lebih luas dan rasa aman saat berkendara

Seperti model iON lainnya, Hankook iON evo baru dengan sertifikasi ISCC PLUS menawarkan hambatan gulir yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan ban konvensional, sehingga meningkatkan jangkauan per pengisian baterai Porsche Taycan

Porsche sendiri menyatakan bahwa jarak tempuh hingga 40 kilometer lebih bisa dicapai berkat pelek aero berukuran 21 inci dari Hankook. Selain itu, produk Hankook iON dirancang khusus untuk menghasilkan torsi tinggi yang dihasilkan oleh kendaraan listrik bertenaga. Secara keseluruhan, hal ini berarti bagi pengemudi mobil listrik adalah jangkauan yang lebih luas per pengisian baterai dan perasaan aman dan nyaman saat berkendara.

Pilihan Editor: Shaking Machine Bisa Cek Kaki-Kaki Mobil Sebanyak 350 Unit per Hari

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi