Belum Diresmikan, Begini Suasana Pabrik Mobil Esemka di Boyolali
Reporter: Dinda Leo Listy (Kontributor)
Editor: Wawan Priyanto
Selasa, 2 April 2019 16:44 WIB
Mobil Esemka jenis pikap terparkir rapi di halaman PT Solo Manufaktur Kreasi, pabrik mobil Esemka, di Boyolali, 2 April 2019. TEMPO/Dinda Leo Listry

GOOTO.COM, Boyolali - Meski tetap beraktivitas seperti biasa, karyawan PT Solo Manufaktur Kreasi (pabrik mobil Esemka) kini tidak tampak lagi mondar-mandir di sekitar pabrik pada jam istirahat. PT Esemka yang dikenal sebagai pabrik mobil Esemka berada di wilayah Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali. 

"Dulu karyawan PT Esemka masih sering keluar pabrik, jalan kaki atau naik sepeda motor. Tapi sejak 2019, mereka lewat jalan samping pabrik kalau mau ke kantin di luar pagar. Untuk salat wajib, di dalam sudah ada mushola. Dulu mereka salat di Masjid Al Falaah (di samping pabrik, wilayah Desa Senting)," kata seorang warga Desa Senting, Kecamatan Sambi, yang membuka warung kelontong tidak jauh dari PT Esemka.

Baca: Logo Pabrik Mobil Esemka Dicat Ulang, Tanda Segera Diresmikan?

 
Warga yang enggan disebutkan namanya itu mengatakan, para karyawan PT Esemka kini hanya terlihat beraktivitas di luar saat hendak menunaikan salat Jumat di Masjid Al Falaah. "Kalau karyawan dari Pati dan Jepara yang indekos di sekitar sini ya beraktivitas seperti biasa kalau sudah pulang kerja," kata dia.

Papan nama PT Solo Manufaktur Kreasi, pabrik mobil Esemka, di Boyolali dicat ulang, Selasa, 2 April 2019. TEMPO/Dinda Leo Listy

 
Dari pantauan Tempo pada Selasa siang, 2 April 2019, PT Esemka tampak lengang. Hanya sesekali terlihat karyawan berseragam biru dan oranye yang berjalan melintasi halaman. Meski sepeda motor para karyawan diparkir berjajar di halaman, dari celah pintunya yang terbuka, tidak terlihat ada kegiatan di dalam gedung utama. 
 
Siang itu juga tidak ada kegiatan uji coba mobil Esemka di lintasan khusus yang berada di samping gedung utama. Puluhan mobil Esemka jenis pikap bercat putih dan silver masih diparkir berderet di halaman tanpa atap pelindung dari hujan atau terik sinar matahari. Namun, jumlah mobil yang diparkir terlihat lebih sedikit dibandingkan pada September - Oktober 2018.

Puluhan mobil Esemka jenis pikap masih diparkir di halaman PT Esemka Kab. Boyolali. Hingga kini belum diketahui secara pasti kapan PT Esemka akan diresmikan. 2 April 2019. TEMPO/Dinda Leo Listy

 
"Memang akhir-akhir ini sudah jarang ada kegiatan test drive di dalam pabrik. Kalau siswa magang dari SMK luar Boyolali masih ada. Belum lama ini ada rombongan pelajar SMK dari Semarang. Mereka magang selama sekitar sebulan," kata warga Desa Senting yang membuka warung di samping PT Esemka. 

Baca: Sejumlah Mobil Esemka Jenis Pikap Terparkir di Pabrik Boyolali

Warga itu menambahkan, informasi yang beredar di kampung, PT Esemka akan diresmikan setelah Pemilu Presiden 2019. "Tapi sumber informasi itu dari mana juga kurang jelas. Sejak tahun lalu sering terdengar kabar akan diresmikannya PT Esemka, tapi sampai sekarang juga belum," kata dia.
 
Saat menemui Tempo di luar gerbang, satpam PT Esemka mengatakan hingga kini belum ada informasi kapan pabrik mobil Esemka akan diresmikan. "Ditunggu saja ya, nanti rekan-rekan media pasti dikabari," kata satpam itu.
 
 
#Mobil Esemka
#Solo Manufaktur Kreasi
#Esemka

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi