HUT Ke-15, Komunitas Avanza-Xenia Kampanye Kurangi Sampah Plastik
Reporter: Khairul Imam Ghozali
Editor: Wawan Priyanto
Kamis, 11 April 2019 07:36 WIB
Ultah ke-15 AvanzaXenia Club Indonesia (AXIC) dengan mengkampanyekan pengurangan penggunaan plastik di Jakarta, 7 April 2019. (AXIC)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Ratusan anggota komunitas Avanza-Xenia, (AvanzaXenia Indonesia Club/AXIC) merayakan hari jadinya ke-15 yang jatuh pada 3 April 2019, di kawasan Sarinah, Thamrin, 7 April 2019. Dalam perayaan itu AXIC juga menggelar aksi kurangi sampah plastik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

AXIC juga mendeklarasi kesepakatan pengurangan sampah plastik, yang ditandatangi oleh perwakilan pemerintah kota Jakarta Pusat, Toyota-Astra Motor, komunitas anggota Toyota Owner Club (TOC); Velozity, KTCI, dan TSVC, serta undangan lainnya seperti klub TIOCI.

Ketua Umum AXIC Taufik Hidayatullah, menjelaskan acara perayaan HUT ke-15 ini memang sengaja dibarengi kampanye pengurangan sampah plastik ini bertajuk "Fantast15 AXIC, demi meningkatkan kesadaran bahayanya sampah plastik untuk lingkungan hidup.

Baca: Komunitas Avanza - Xenia Bantu Korban Tsunami Banten

"Dalam usia ke-15 tahun ini, AXIC selalu konsisten untuk anggota dan masyarakat Indonesia. AXIC juga ingin benar-benar meningkatkan kepedulian kepada masyarakat. Kali ini seputar lingkungan hidup, yakni masalah sampah plastik yang semakin memprihatinkan. Sebagai bukti, sekarang ini kami kampanyekan anti-kantong plastik. Paling tidak dengan kampanye tersebut, ada pengurangan pemakaian kantong kresek tersebut. Sebagai gantinya, AXIC memberikan 500 tas yang ramah lingkungan di sekitar jalan Sarinah-Bundaran HI," ujar Taufik, dalam keterangan resminya, Rabu 10 April 2019.

Selain itu, anggota AXIC juga memberikan informasi soal pentingnya mengurangi sampah plastik. Sontak aksi ini mendapat respons positif dari para warga ibukota pagi itu di area car free day (CFD)

Sekitar 200 anggota AXIC dari kawasan Jabodetabek turut meramaikan acara ini. Sementara anggota cabang yang hadir, antara lain cabang Baturaja-Palembang, Bekasi, Lampung, Cirebon, Bandung, Priangan Timur, Sukabumi, dan Cianjur-Puncak. Selain di kawasan CFD Jakarta, perayaan anniversary ini juga dilakukan oleh cabang-cabang AXIC di seluruh Indonesia.

Perwakilan dari PT Toyota Astra Motor (TAM), Rendhy Ervianto, mengaku sangat mengapresiasi apa yang dilakukan AXIC yang juga member di Toyota Owner Club (TOC).

Baca: Komunitas Avanza-Xenia Jelajah Lampung, Kampanye Road Safety

"Komunitas memang harus bermanfaat bagi masyarakat dan kegiatan Fantast15 ini menjadi wujud konkretnya," ujarnya.

Selain kampanye tersebut, di "Fantast15 AXIC" juga digelar pameran mobil Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang paling tua, produksi 2004, hingga mobil keluaran terbaru tahun 2019 ini. Sebagai pemanis, acara diakhiri dengan potong kue ulang tahun dan tiup lilin sembari menyanyikan Selamat Ulang Tahun.

Beragam aktivitas hadir di pelataran ini, antara lain dance flash mob angota AXIC bersama karyawan Sarinah, lomba tumpeng HUT Komunitas Avanza-Xenia, periksa kesehatan dan mata gratis.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi