Toyota Kijang Innova Ini Jawara di Lintasan Drag, Tenaga 238,5 HP
Reporter: Khairul Imam Ghozali
Editor: Wawan Priyanto
Selasa, 16 April 2019 12:25 WIB
Kejutan Beyond Product dari Toyota Innova New Venturer
Iklan
Iklan

TEMPO.CO, Jakarta - All New Toyota Kijang Innova atas nama H. George dari Innova Community Racing Team (ICRT) berhasil memecahkan rekor All New Innova tercepat di lintasan sepanjang 201 meter dalam ajang Drag Series di Surabaya dengan waktu 9.923 detik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Lantas, apa yang dilakukan George sehingga Kijang kesayangannya bisa ngebut sedemikian cepat? Kijang milik George ternyata sudah diubah sedemikian rupa. Dari rilis yang diterima Tempo, Kamis, 16 April 2019, George mengungkap ubahan yang dilakukannya secara lengkap. 

George perlu waktu sekitar enam bulan untuk mendandani Kijang miliknya dengan biaya sekitar Rp 60 juta - Rp 75 juta.

Baca: Minim Penyegaran, Toyota Kijang Innova Diklaim Masih Diminati

Proses modifikasi dimulai dari sektor mesin. Turbo VNT standar diganti dengan turbo RHF4 untuk menghasilkan boost lebih besar sekitar 2,2 bar dari sebelumnya 1,2 bar. Header custom equal length buatan Garage Autowerks untuk mengakomodasi turbo yang sudah diganti. Tidak lupa air filter diganti dengan aftermarket berbahan cotton dari K&N dan box filter diganti dengan box custom berbahan alumunium.

Selanjutnya penambahan intercooler dengan custom piping untuk mendinginkan udara bertekanan tinggi yang dihasilkan turbo. Terakhir di sektor mesin, pemasangan custom fuel system dari Garage Autowerks. Lalu tidak lupa fine tune di bagian eletronikal atau ECU dengan cara remap dan pemasangan piggyabck monstermax dari ECUshop sehingga mesin bisa bekerja lebih baik menyesuaikan dengan modifikasi yang telah di lakukan.

Untuk mengimbangi modifikasi di sektor mesin, supaya mobil lebih mudah di kontrol dan dikendarai, pada bagian kaki-kaki, Per standar diganti merk Eibach, shock IMB 2 way adjuster, pelek ROTA grip ukuran 8.5 - 9.5 dengan ban bagian depan 235/50/18 dan bagian belakang 275/40/18 TOYO T1s.

Tuner ICRT dari Garage Autowerk - Bandung, Chiang, mengatakan bahwa tidak mudah untuk membuat Kijang Innova untuk lebih ngebut.

Baca: Amankah Solar B20 Dipakai Innova Diesel, Ini Jawaban Toyota

"Karena innova ini termasuk masih baru, masih sulit untuk mendapatkan performance part-nya, dan masih harus trial and error part mana yang cocok"

Selain itu ICRT juga mengatakan, jika sudah melakukan modifikasi dengan menaikan tenaga yang cukup banyak, jangan lupa pasang beberapa info meter untuk mengetahui kondisi mesin, agar mesin tetap terjaga dan kita bisa antisipasi kemungkinan mesin jebol.

Seperti yang dilakukan Garage Autowerks di Innova ICRT, dengan memasang Bost meter, EGT meter, Oil Pressure meter dan Oil temperature meter, semua keluaran autometer. Tidak ketinggalan pemasangan turbo timer dari portman.

Di sisi eksterior, agar penampilan mendukung performa mesin yang sudah meningkat. Kap mesin diganti dengan carbon hood custom buatan Garage Autowerks. Selain tampilan terlihat lebih "racing look", bobot mobil juga berkurang karena penggunaan kap mesin berbahan serat karbon.

Dari semua modifikasi di atas, tenaga yang dihasilkan dari pengujian di mesin Dyno, sebesar 238,5HP di 4000 Rpm dan torsi 580 Nm. Toyota Kijang Innova ini sehari-hari masih sanggup menggunakan Bio diesel dengan konsumsi 1:12. Di sini ICRT ingin membangun mobil yang bisa untuk balap tetapi juga aman untuk digunakan harian.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi