Pasang Stiker pada Mobil Kesayangan, Biaya Tak Sampai Rp 5 Juta
Reporter: Wisnu Andebar
Editor: Eko Ari Wibowo
Rabu, 24 April 2019 13:53 WIB
Jeep Rubicon, Fullbody Wrap Blackdoff, di Simbah Cutting Sticker, Jalan Kolonel Sugiyono No 50A, Duren Sawit, Jakarta Timur, Selasa 12 September 2017. TEMPO/GRANDY AJI
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pemilik Yudi Sticker, spesialis stiker mobil, Tomi mengatakan biasa melayani wrapping full bodi, juga stiker hybrid dan smoke untuk lampu depan dan belakang, serta merapihkan plat nomor. "Kadang kalau plat nomor bawaan catnya suka tidak rapih," ujarnya yang berlokasi di i Pusat Aksesoris dan Sparepart Mobil di Mal Blok M, Jakarta Minggu, 21 April 2019.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Baca: Ini yang Harus Diperiksa Ketika AC Mobil Mulai Tak Dingin

Menurutnya, kebanyakan yang wrapping adalah pengguna mobil baru. Tujuannya untuk melindungi cat, selain itu kalau mobilnya warna glossy minta dijadikan doff. Tapi tak menutup kemungkinan warna-warna lain, tergantung permintaan konsumen.

Soal harga, wrapping untuk jenis mobil yang ukuran besar seperti Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Kijang Innova dibanderol sekitar Rp 4,5 juta. Sedangkan mobil yang lebih kecil seperti Toyota Avanza atau Suzuki Ertiga seharga Rp 3,7 hingga 4 juta.

"Bahan yang digunakan oracal, untuk ketahanan bisa 3 sampai 4 tahun. Setelah itu biasanya warna stiker jadi lebih pudar karena faktor cuaca dan usia," katanya.

Baca: Cara Jitu Merawat Mesin Diesel Agar Awet dan Nyaman Digunakan

Jika stiker ingin dilepas, menurut dia selagi cat mobil masih asli itu aman, tapi kalau sudah pernah cat ulang biasanya pernisnya akan kebawa. "Stiker full bodi ini perawatannya mudah, hanya dilap sudah bersih, meskipun mobil jarang dicuci," kata Tomi.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi