Cara Jitu Merawat Mesin Diesel Agar Awet dan Nyaman Digunakan
Reporter: Gooto.com
Editor: Atalla Suwarmo Soefeno
Minggu, 21 April 2019 14:58 WIB

GOOTO.COM, Jakarta - Populasi dan peminat mesin diesel terus bertambah dalam beberapa tahun terakhir. Saat ini mesin diesel mengusung teknologi modern dengan sistem pembakaran yang lebih efisien, seperti teknologi common rail direct injection.

Namun pastinya pemilik mobil diesel juga perlu memperhatikan mobilnya agar tetap awet dan nyaman untuk digunakan pada setiap kondisi medan yang berbeda. Perawatan dengan seksama harus dilakukan agar performa mesin diesel tetap optimal setiap saat. Nah berikut ini tips merawat mesin diesel yang mudah dan dapat dilakukan sendiri.

Baca: Suzuki Ertiga Baru Akan Memiliki Varian Pakai Mesin Diesel

Panasi mesin mobil dieselUntuk memperpanjang umur pemakaian mesin diesel mobil Anda sebaiknya lakukan pemanasan mesin kurang lebih 10 menit sebelum berkendara. Tujuan dari melakukan pemanasan tersebut adalah untuk memberikan pelumasan merata pada seluruh bagian mesin. Pemanasan mesin diesel yang maksimal, juga dapat menghindari kaget pada komponen mesin yang bergesekan.

Gunakan solar berkualitasSolar berkualitas, seperti pertamina DEX atau Shell diesel, mengandung kadar sulfur yang rendah. Efek dari penggunaan jenis solar tersebut akan menghindari terjadinya penyumbatan pada bagian saluran pipa common rail injector. Solar berkualitas ini juga dapat meningkatkan performa pada mesin diesel hingga  5 persen, di sertai juga dengan pengurangan kadar emisi hingga 5 persen. Ingat, solar berkualitas buruk dengan kadar sulfur tinggi dapat menghentinkan mesin diesel Anda. 

Gunakan oli yang berkualitas. Untuk mesin diesel yang Anda gunakan, disarankan agar Anda menggunakan jenis oli yang telah direkomendasikan oleh pihak manufaktur kendaraan yang Anda gunakan. Tetapi jika direkomendasikan oleh pihak manufaktur kendaraan Anda untuk menggunakan jenis oli diesel dengan viscositas 5-30, maka diklaim oli tersebut dapat meringankan kinerja dari mesin diesel Anda. 

Ganti filter solar secara berkalaUntuk meminimalkan kotoran solar yang masuk ke dalam mesin diesel Anda, sebaiknya lakukan penggantian filter solar setiap 30 ribu kilometer. Dengan melakukan penggantian filter solar secara berkala, maka Anda juga terhindar dari kerusakan fatal pada mesin diesel Anda.Hindari tangki solar kosongSebaiknya jaga tangki solar Anda tidak kosong untuk mencegah terjadinya pengembunan yang dapat merusak filter solar. Jangan langsung mematikan mesin mobil diesel.  Untuk memperpanjang umur mesin diesel Anda, sebaiknya diamkan dulu mesin menyala hingga 8 menit, baru mesin dimatikan. Dengan mematikan mesin secara langsung berarti tidak memberikan waktu pendinginan pada komponen mesin yang memuai pada saat perjalanan.


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi