6 Tips Merawat Mesin Diesel Toyota Berstandar Euro 4
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 7 Juni 2022 12:00 WIB
Dari sektor dapur pacu, Land Cruiser 300 hadir dengan dua varian, yakni mesin bensin twin-turbo V6 3,5 liter dan mesin diesel twin-turbo V6 3,3 liter. Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi otomatis 10 kecepatan yang menghasilkan langkah gigi yang lebih kecil dan rasio roda gigi yang lebih luas. global.toyota

GOOTO.COM, JakartaToyota telah memasarkan seluruh mobil bermesin diesel dengan standar Euro 4 di Indonesia sejak April 2022. Mesin diesel tersebut juga diklaim menggunakan teknologi canggih seperti trubo variabel, common-rail, dan intercooler.

Sejumlah teknologi tersebut membuat mobil berlimpah torsi dan yang paling penting adalah ramah lingkungan. Dengan sejumlah fitur canggih itu, pengguna atau pemilik kendaraan wajib memperhatikan cara merawat mesin mobil diesel Toyota Euro 4.

“Semua mobil baru Toyota bermesin diesel yang dipasarkan oleh Auto2000 telah memenuhi standar emisi EURO4 yang ditetapkan oleh pemerintah. Namun, agar kondisi tetap prima AutoFamily wajib mengikuti rekomendasi buku manual kendaraan dan servis berkala secara rutin di bengkel Auto2000,” kata Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000, dalam rilis.

Berikut tips merawat mesin diesel Toyota berstandar Euro 4 versi Auto2000:

  1. Gunakan Bahan Bakar yang Sesuai

Tips pertama yang harus dilakukan pemilik kendaraan adalah penggunaan bahan bakar yang sesuai. Jika tidak demikian, maka akan memberikan dampak negatif pada mobil diesel. Kandungan sulfur yang tinggi diklaim bisa membuat sistem distribusi bahan bakar terganggu sehingga performa mesin menurun.

  1. Periksa Filter Solar

Filter solar atau filter bahan bakar diesel bertugas untuk memastikan kotoran agar tidak masuk ke dalam sistem injeksi. Pemilik kendaraan bisa mengetahui kondisi filter yang sudah kotor melalui panel instrumen. Apabila lampu panel instrumen sudah menyala, maka jangan tunda meenggantinya.

  1. Bersihkan Filter Udara

Tugas filter udara adalah menyaring udara yang masuk ke dalam ruang bakar. Dengan begitu performa mesin bakal terjaga dan penggunaan bahan bakar akan lebih efisien. Maka dari itu, Anda diminta untuk membersihkannya secara berkala untuk mengantisipasi timbulnya kerak di komponen dan mengurangi risiko tersumbat kotoran.

  1. Cek Water Sedimenter

Water Sendimeter diketahui bertugas untuk menangkap kandungan air pada saluran bahan bakar supaya tidak ikut mengalur ke dalam mesin diesel. Jika lampu indikator di panel instrument menyala, maka pemilik kendaraan disarankan segera menguras water sedimenter.

  1. Memanaskan Mesin

Sebelum berjalan, pengemudi diminta untuk memanaskan mesin sekitar 1 menit untuk memastikan pelumas menjalar ke seluruh komponen mesin. Lalu sebelum dimatikan, mobil juga disarankan tetap menyala selama 1 menit untuk mendinginkan komponen mesin yang bekerja.

  1. Ganti Oli Mesin

Terakhir, pemilik kendaraan diminta untuk memeriksa takaran oli mesin lewat dipstick. Disarankan pula untuk mengganti oli mesin setiap 6 bulan sekali agar kondisi mesin diesel selalu terjaga. Pergantian oli mesin itu bisa dilakukan secara berkala di bengkel resmi Auto2000.

BacaCrossover Lexus RX Sudah Dihadirkan, Lihat Tampilan Mewahnya

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Tips Merawat Mesin Diesel
#Diesel
#Mesin Diesel
#Mobil Diesel
#Euro 4

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi