Uji Coba VW Golf dengan Rem Filter Partikel Debu
Reporter: Gooto.com
Editor: Atalla Suwarmo Soefeno
Minggu, 28 April 2019 07:39 WIB
Sistem pengereman ramah lingkungan mobil VW. Sumber: motor1.com

GOOTO.COM, Jakarta - Organisasi Kesehatan Dunia menyatakan sekitar 3 juta orang meninggal akibat polusi luar ruangan setiap tahun. Itu jumlah yang sangat besar dan industri otomotif adalah salah satu kontributor negatif terbesar terhadap data yang mengejutkan ini.

Baca: Suzuki Carry Generasi Terbaru World Premiere di IIMS 2019

Tidak hanya tentang polusi udara dari gas buangan yang dihasilkan oleh kendaraan bertenaga ICE saja. Debu rem sekarang menjadi masalah besar di negara-negara besar. Spesialis dan pemasok filtrasi Mann + Humel memperkirakan bahwa hampir 10.000 ton partikel debu rem diproduksi setiap tahun dari kendaraan di Jerman saja. Jika Anda menghitung, Anda dapat membayangkan bahwa ratusan ribu juta ton dibuat dalam skala global setiap tahun.

Semua angka ini menunjukkan dengan jelas bahwa produsen otomotif perlu membuat langkah-langkah untuk mengurangi jumlah partikel halus yang dihasilkan oleh rem. Volkswagen tampaknya menjadi salah satu pertama bereksperimen dengan sistem filtrating dan prototipe pada VW Golf GTD. Dapat diihat dari foto diatas adalah pengujian filter partikel debu rem yang dipasang tepat di bawah kaliper rem.

Tidak jelas apa sumber filter ini, tetapi Mann + Humel telah menangani masalah ini sejak tahun 2003. Ini adalah unit filter dibuat oleh perusahaan berbasis di Ludwigsburg. Filter ini menggunakan rumah yang solid padat agar dapat dipasang pada rem dengan ukuran berbeda. Dalam hal ini, ini tampaknya cakram baja standar di keempat sudut kaliper rem.

Baca: Porsche Panamera 2 Pintu Dikabarkan Segera Meluncur

"Salah satu sumber debu halus terbesar dari kendaraan adalah proses pengereman," Mann + Humel menjelaskan dalam siaran pers baru-baru ini. “Inilah sebabnya Mann + Humel mengembangkan filter partikel debu rem. Fungsi filter mencegah hingga 80 persen partikel debu yang dihasilkan selama pengereman.Filter partikel menahan debu halus yang sudah ada di sekitar udara.  

MOTOR1

#VW
#Golf
#Debu
#Polusi

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi