Volkswagen ID.4 Terkena Recall di Amerika, Begini Penyebabnya
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 22 Mei 2024 14:00 WIB
Mobil listrik Volkswagen ID.4 2021 yang diluncurkan secara global pada 23 September 2021. Dalam sehari 2.000 unit edisi pertama ludes terjual di AS. FOTO: Insideevs.com
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Lembaga National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) melakukan permintaan penarikan kembali (recall) pada mobil Volkswagen ID.4 sekitar 51.500 unit di Amerika Serikat (AS).

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dilansir dari Reuters, Selasa, 21 Mei, dimulainya program penarikan kembali ini disebabkan karena kekhawatiran pintu kendaraan terbuka saat mengemudi.

Lembaga tersebut menyebutkan bahwa mereka telah menerima setidaknya 12 keluhan terkait model Volkswagen ID.4 produksi antara 2021 dan 2023.

Beberapa pemilik kendaraan melaporkan bahwa pintu kendaraan terbuka sewaktu-waktu saat mengemudi tanpa dapat dideteksi secara wajar. Meskipun tidak ada laporan korban jiwa maupun cedera, namun dikhawatirkan dapat membahayakan nyawa pemilik mobil maupun pengguna jalan lain.

Menurut NHTSA, kendaraan yang terdampak recall ini juga merupakan bagian dari penarikan sebelumnya yang disebabkan dari rembesan air dari pintu.

Diketahui juga pada akhir 2023 lalu, pabrikan dari Jerman ini menarik kembali sebanyak 23.883 unit ID.4 tahun 2023-2024 di negeri paman Sam karena adanya masalah pelindung matahari yang tidak tahan panas.

Sebenarnya masalah ini sudah diketahui VW pertama kali pada bulan Mei 2023, dan telah menghubungi pihak pemasok utamanya yakni, Automotive Mexico Body Systems untuk memastikan masalah yang terjadi.

Dari uji coba yang dilakukan menemukan hasil yang tidak konsisten, sehingga Volkswagen belum mengetahui lebih pasti terkait masalah tersebut, dan terus akan mendalami kasus tersebut.

Pilihan Editor: Rasanya Menjajal Tank 500, Mobil Hybrid GWM Seharga Rp 1,19 Miliar

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi