Volkswagen Tahun 2023 Catat Penjualan 4,87 Juta Unit
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 17 Januari 2024 13:53 WIB
Generasi kedelapan Volkswagen Golf akan hadir tahun 2024. (Foto: Volkswagen)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaBrand mobil asal Jerman, Volkswagen meningkatkan pengirimannya secara signifikan tahun 2023. Dikabarkan sekitar 4,87 juta kendaraan diserahkan kepada pelanggan di seluruh dunia. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Diklaim angka tersebut melebihi angka tahun sebelumnya di seluruh wilayah. Secara total, peningkatan pengiriman adalah 6,7 persen. Permintaan akan mobilitas listrik juga meningkat: Volkswagen menyerahkan sekitar 394.000 kendaraan listrik kepada pelanggan di seluruh dunia pada tahun 2023, yang berarti peningkatan sebesar 21,1 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Imelda Labbé, Volkswagen Board Member for Sales, Marketing and After Sales, mengatakan, “Angka pengiriman menunjukkan bahwa kami berada di jalur yang benar sebagai sebuah merek dan bahwa mobil kami diterima dengan baik oleh pelanggan kami.”

adapun Imelda memperkirakan kondisi pasar akan tetap penuh tantangan pada tahun 2024. “Namun dengan portofolio produk kami yang telah direvisi dan menarik, kami berada pada posisi yang tepat,” kata dia.

Volkswagen mampu meningkatkan penjualan mobil listrik sebesar 21,1 persen menjadi sekitar 394.000 unit pada tahun 2023. Pasar terbesar untuk mobil listrik merek Volkswagen – secara absolut – adalah Tiongkok, Jerman, AS, Inggris, Swedia, Prancis, Norwegia, dan Belgia.

Di Jerman, misalnya, sekitar 30.000 model Volkswagen ID.4  dikirimkan (+ 62,9 persen). Mobil listrik pertama Volkswagen juga diterima dengan baik di Amerika Serikat sekitar 38.000 unit Volkswagen ID.4 dikirimkan ke pelanggan di sini, yang berarti peningkatan sebesar 84,2 persen dibandingkan tahun 2022. ID.3  mobil listrik kompak sangat populer di Tiongkok: lebih dari 75.000 unit dikirimkan ke sana pada tahun 2023 – peningkatan lebih dari 200 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Tren SUV juga berlanjut pada tahun 2023: pangsa SUV dalam total pengiriman Volkswagen tetap sangat tinggi yaitu sebesar 54,2 persen (+14,9 persen dibandingkan tahun 2022). Di AS, lebih dari 81 persen mobil Volkswagen yang dijual adalah SUV. Di Eropa, Volkswagen T-Roc tetap menjadi SUV terlaris Volkswagen: model ini mencetak rekor pengiriman baru di Jerman, Inggris, Spanyol, dan Turki.

Empat puluh delapan tahun dan 20 juta unit setelah debutnya, Polo tetap menjadi salah satu mobil tersukses di kelasnya: di Brasil, lebih dari 110.000 unit telah diserahkan kepada pelanggan, yang merupakan rekor baru. Di Jerman, jumlah pengiriman Polo sekitar 33.500 – 44,1 persen lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya.

Volkswagen mengantisipasi pertumbuhan permintaan yang dinamis karena edisi baru dari beberapa produk terlarisnya: pengiriman generasi baru Passat dan Tiguan serta T-Cross yang ditingkatkan secara visual dan teknis akan dimulai pada kuartal pertama tahun 2024. 

Volkswagen ID.4 dan ID.5 juga baru-baru ini menerima pembaruan besar dengan konsep operasi yang benar-benar baru dan sistem penggerak yang baru. Volkswagen ID.7 Tourer baru , versi estate dari model teratas serba listrik ID.7, juga akan diluncurkan tahun ini. Untuk memenuhi tingginya permintaan SUV, Volkswagen berencana memproduksi SUV listrik sepenuhnya di segmen A bervolume tinggi mulai tahun 2026.

Sorotan lain untuk tahun 2024 adalah, 50 tahun setelah Volkswagen Golf pertama, Volkswagen menghadirkan evolusi berikutnya dari generasi kedelapan, yang menawarkan penyempurnaan visual yang mengesankan, sistem bantuan dan sistem penggerak baru serta infotainment dan perangkat lunak generasi berikutnya. Pra-penjualan dijadwalkan dimulai pada musim semi 2024.

Pilihan Editor: Toyota Land Cruiser Se, Berpetualang Andalkan SUV Listrik

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi