Audi Q8 e-tron edition Dakar, Harganya Rp 2 Miliaran
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 5 Januari 2024 17:17 WIB
Audi Q8 e-tron edition Dakar gunakan suspensi udara canggih. (Foto: Audi)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaAudi Q8 e-tron edition Dakar diperkenalkan brand asal Ingolstadt bertepatan dengan gelaran reli Dakar 2024. Diyakini Sport Utility Vehicle (SUV) ini terinspirasi dari gelaran offroad terganas di muka bumi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Agar Audi Q8 e-tron edition Dakar terlihat punya keandalan menerjang jalur offroad, postur dibuat lebih jangkung dengan penggunaan suspensi lebih tinggi hingga ground clearance didapatkan 206 mm. Sistem penggerak listrik dan energy converter juga sudah disematkan untuk menempuh jarak lebih jauh.

Bagi yang berminat meminang Audi Q8 e-tron edition Dakar, sudah mulai di kuartal tahun 2024. Perihal harganya, untuk edisi Reli Dakar di Jerman dibanderol 120.000 euro atau setara Rp 2,036 miliar.

Audi Q8 e-tron edition Dakar punya kemampuan merayap di berbagai kondisi jalan. (Foto: Audi)

Sebagai informasi, Audi Q8 e-tron edition Dakar mengambil basis dari Q8 advanced 55 e-tron quattro. Baterai yang diusung mencapai 106 kWh dan penggerak quattro, disanding dua motor penggerak, suguhkan tenaga 300 kW atau setara 402 hp dan torsinya 664 Nm.

Meski bertubuh bongsor, Audi berperforma tinggi ini mampu melesat 0-100 kpj bisa tembus 5,8 detik, hanya dengan ban standar. Bila menggunakan General Brabber AT3 all-terrain yang mampu menambah ground clearance sebanyak 13 mm sehingga bisa diandalkan menerabas lumpur dan salju.

Audi Q8 e-tron edition Dakar mampu menerjang genangan setinggi 300 mm. (Foto: Audi)

Suspensi udara canggih disematkan, ketika melesat kencang di jalur aspal postur mobil akan merunduk hingga 15 mm saat kecepatan 85 kpj, menjadi 17 mm saat 100 kpj, dan 13 mm saat 120 kpj.

Menerabas tebing, front angle approach memiliki sudut 20 derajat, sedangkan bagian buritan memiliki sudut 26 derajat. Untuk ramp angle memiliki sudut 19 derajat, memudahkan SUV listrik ini bermain light offroad. menerabas genangan hanya di kedalaman 300 mm.

Bagian kabinnya, tampilan head-up melengkapi layar. Ini memproyeksikan informasi penting langsung ke kaca depan – proyeksinya tampak melayang di depan pengemudi. Fitur baru lainnya adalah tampilan di sistem operasi MMI yang menampilkan informasi sudut kemiringan kendaraan. Ditambah lagi, Audi menawarkan gambar latar belakang MMI pada tampilan MMI yang dibuat khusus untuk edisi Dakar.

Audi Q8 e-tron edition Dakar mendapat fitur mewah dan juga speaker premium Bang & Olufsen. (Foto: Audi) 

Sudah termasuk tas untuk rak atap dan tali untuk memasang aksesori. Soket pengisi daya kedua dapat digunakan untuk mengisi daya baterai bertegangan tinggi menggunakan Combined Charging System Type 2 (CCS2). Terlebih lagi, sistem pengisian daya e-tron menawarkan segala yang dibutuhkan para pencari petualangan untuk mengisi daya kendaraan mereka – baik di rumah, bersama teman, atau di rumah liburan.

Paket cahaya sekitar opsional ditambah dengan enam profil warna yang telah ditentukan membuat interior memberikan efek luar biasa. Menampilkan lampu kontur yang luas hingga 30 warna, ia secara tepat menelusuri garis-garis elemen interior. 

Audi Q8 e-tron edition Dakar harganya sekitar Rp 2 miliar. (Foto: Audi)

Sebagai alternatif AC otomatis dua zona standar, Audi menawarkan AC otomatis empat zona. Sistem ini dapat menggunakan pemanas tegangan tinggi kedua opsional untuk meningkatkan daya pemanas secara nyata. Artinya, bagian dalam menjadi lebih cepat panas dalam kondisi yang sangat dingin, sementara pemanas baterai tambahan memastikan baterai siap diisi daya pada suhu yang sangat rendah. 

Sistem Suara Premium Bang & Olufsen opsional dengan suara 3D menjadikan SUV listrik ini pengalaman suara kelas atas yang lebih hebat. Ini menggerakkan 16 speaker dengan daya 705 watt. 

Kaca spion virtual opsional dengan kamera mengurangi lebar keseluruhan kendaraan sebesar 15 sentimeter, sehingga meningkatkan koefisien hambatan. Kaca spion virtual memberikan visibilitas lebih jelas dibandingkan kaca spion konvensional dalam kondisi off-road yang berdebu atau basah.

Pilihan Editor: Audi RS Q e-tron Targetkan Juara Dunia Reli Dakar 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi