Mobil Klasik Holden Monaro Buruan Kolektor Harga Tembus Rp 1,3 M
Reporter: Pribadi Wicaksono (Kontributor)
Editor: Eko Ari Wibowo
Jumat, 10 Mei 2019 03:26 WIB

GOOTO.COM, YogyakartaHolden merupakan model yang legendaris. Sesepuh komunitas Holden Yogyakarta, Holdendiningrat, yang juga pemilik bengkel spesialis Holden Omah Ijo Auto Work, Denny Ardiyan alias Abenk, menuturkan ada seri terlangka Holden saat ini yang jadi buruan kolektor. Model itu adalah Holden Monaro.

"Yang paling melambung harganya dan banyak dijadikan arah kustom ya Holden Monaro," ujar Abenk ditemui di bengkelnya di Yogya, Rabu 8 Mei 2019.

Monaro merupakan tipe Holden yang mulai dirilis kurun 1960 hingga 1970 an. Ini merupakan tipe muscle car atau mobil berotot keluaran pabrikan Holden yang basic-nya mengambil basis Holden Kingswood. Model ini mengusung konsep coupe dua pintu serta sudah tertanam mesin V8, bukan V6 umumnya Holden.

Baca: Suzuki Jimny Ditawarkan dalam 4 Varian, Harga Mulai Rp 315,5 Juta

Abenk menuturkan Monaro memiliki beberapa model mulai dari HK, HT, HG, HQ, HJ, HX, dan HZ.. "Yang super langka dan diburu seri Monaro HK dan HG yang modelnya dua pintu" ujar Abenk.

Di Indonesia, Abenk memperkirakan jumlah Monaro HK itu sekitar 5-10 unit saja yang selama ini tampak berkeliaran saat kegiatan pameran atua kontes modifikasi. Harganya yang diketahui Abenk seri Monaro HK ini mencapai sekitar Rp 1,3 miliar. "Yang jelas di atas Rp 1 miliar untuk Monaro," ujarnya.

Abenk menuturkan, salah satu pemilik Monaro di Indonesia seorang kolektor asal Bandung bernama Sugik. Namun Abenk mengaku tak bisa masuk rumah kolektor itu untuk memastikan berapa banyak Monaro yang dimilikinya.

"Di Indonesia hanya ada beberapa, soalnya zaman segitu kalau bukan orang berduit, pejabat atau menyelundupkan, jelas susah mendatangkan mobil dua pintu seperti Monaro itu," ujarnya.

Abenk pernah menawar sebuah Monaro dalam bentuk masih bahan alias belum dibangun normal senilai Rp 500 juta pada seorang pemilik namun tak dilepas.

Baca: Mobil Listrik Honda e Masuk Jalur Produksi Akhir 2019

Abenk sendiri bersyukur saat berburu di kiloan di Bandung, ia mendapat potongan bagian sisi samping kanan bodi asli Monaro itu. Bodi samping belakang Monaro itu kini ia gantungkan jadi semacam hiasan di bengkelnya. Harganya di kiloan bodi saat itu hanya Rp 3,5 juta.

Eksotisme Monaro yang super langka ini makin dipicu saat dirilisnya film Realita Cinta dan Rock N Roll’ yang dibintangi Nadine Chandrawinata pada 2006. Film itu berkisah perburuan sekelompok anak muda pada unit Holden Monaro hingga ke kota Medan.

"Karena memang unitnya tidak ada atau memang sangat langka, maka mulai marak kustom Holden seri lain agar menyerupai Monaro," ujar Abenk yang bengkelnya juga sampai sekarang masih menerima pesanan kustom Monaro itu.

Kustom Monaro itu mulai dengan membuat pintu Holden menjadi coupe, memperpendek atapnya atau model choptop, hingga bagian paling sulit seperti membentuk bagian kaca belakangnya yang memiliki lekuk khas dan susah ditiru. Abenk membanderol Rp 75 juta untuk konsumennya yang ingin kustom bodi termasuk pengecatan model Holden Monaro.


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi